Rekrutmen CPNS Pemprov Sumbar 2021 untuk Tenaga Kesehatan, Guru dan Teknis

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ( Pemprov Sumbar ) sedang mempersiapkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) 2021.

Rekrutmen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di provinsi tersebut.

baca juga: Ada Ruang Layanan Konsultasi Hukum di DPMPTSP Sumbar

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengintruksikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat untuk mempersiapkan rekrutmen. Mulai dari formasi yang dibutuhkan hingga jumlah penerimaan yang sanggup ditampung APBD.

"Penerimaan CPNS dan PPPK akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ASN provinsi terutama untuk tenaga guru, kesehatan dan teknis," ujarnya, Selasa, 6 April 2021.

baca juga: Gubernur Sumbar: OPD Harus Berinovasi untuk Mendapatkan DID

Mahyeldi menjelaskan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini (sejak 2016 sampai 2020), Pemprov Sumbar telah menerima penambahan CPNS sebanyak 1.401 orang, untuk mengisi formasi Tahun 2018 dan Tahun 2019.

Sedangkan untuk pengangkatan PPPK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2020 sebanyak 187 orang. Sehingga jika ditotal penambahan ASN dalam lima tahun ini sebanyak 1.588 orang.

baca juga: Kampung Bahari Nusantara Sungai Pisang Diyakini Masyarakat Bahari

Namun hal itu, tidak dapat memenuhi kekurangan PNS yang pensiun dari Tahun 2016 s.d 2020 sebanyak 3.902 orang, sehingga terjadi minus ASN di provinsi.

"Mudah-mudahan tahun ini dapat ditutupi kekurangan itu. Tapi tentu disesuaikan dengan kesanggupan APBD," terangnya. (*)

baca juga: Penyediaan Rumah Layak Huni di Sumbar Belum Optimal

Editor: Joni Abdul Kasir