Pemko Bukittinggi Gelar Lomba Bercerita Tingkat Anak SD

Foto bersama
Foto bersama (Humas Pemko Bukittinggi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Bukittinggi lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Bukittinggi 2021.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Dymens dan dibuka langsung oleh Bunda Literasi Bukittinggi Fiona Erman Safar, Selasa 6 April 2021.

baca juga: Wali Kota Erman Safar Buka Puasa Bersama, Ketua RT dan RW Diharap Dapat Menjadi Pengingat Pemerintah

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi Johnny menyebut, lomba ini merupakan bagian dari kegiatan gerakan budaya gemar membaca.

"Lomba ini dalam penyelenggaraannya, kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," ungkap Johnny.

baca juga: Pemko Bukittinggi Evaluasi Penanganan Covid-19

Ia mengatakan, lomba tersebut rutin digelar tiap tahunnya, ada 2 kategori lomba yakni lomba bercerita atau bertutur tingkat SD dan MI, serta lompa pustaka tingkat SLTP dan SLTA.

"Yang kita adakan hari ini hanya lomba bercerita saja, ada 20 sekolah yang mengikutinya dengan menerapkan protokol kesehatan," sambungnya.

baca juga: Wali Kota Erman Safar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dalam Yatim Fest Bukittinggi

Johnny melanjutkan, pemenang dari lomba ini akan mewakili Bukittinggi mengikuti ajang serupa di tingkat Sumbar atau bahkan mungkin nasional.

Sementara, Fiona Erman Safar dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan lomba tersebut, menurutnya, lomba ini memiliki banyak manfaat untuk mengembalikan kegemaran membaca pada anak.

baca juga: Dipuji Menparekraf, Ini Sosok Fauzi Azim Penjaga Jam Gadang

"Perkembangan teknologi saat ini berdampak negatif pada budaya membaca. Terutama anak-anak yang lebih suka bermain gadget dari pada baca buku," ungkap Fiona.

Ia mengungkap kekhawatirannya hal ini dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak akibat gadget.

Untuk itu, lanjut Fiona, dalam mengatasinya, seluruh pihak harus bisa mengarahkan anak agar rajin membaca karena buku menjadi sumber ilmu pengetahuan.

"Lomba ini tentu memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak," ucap Fiona.

(Humas)

Editor: Hatta Rizal