Wapres Minta Jaga Kebersihan Pasar Raya Pariaman

Wapres Ma'ruf Amin saat di Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa, 6 April 2021
Wapres Ma'ruf Amin saat di Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa, 6 April 2021 (Istimewa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengatakan, aktifitas dan produktifitas di pasar sangat tinggi. Maka setiap orang apakah itu pedagang , pengusaha UMKM diwajibkan melakukan suntik vaksinasi dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Semua itu kewajiban setiap orang untuk menjaga pasar yang sehat, bersih dan tertata kelola dengan baik.

baca juga: Resmi Nahkodai HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara Akan Permudah Akses Pendanaan Pengusaha Muda

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin pada peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman dan Labor Olahraga Universitas Negeri Padang di Kota Pariaman , Selasa (5/4/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, Kepala BNPB, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri PUPR, Anggota DPR RI, Gubernur dan Wakil Gunernur Sumbar, Walikota dan Ketua DPRD Kota Pariaman , Camat, Wali Nagari, Niniak Mamak.

baca juga: Besok HIPMI Sumbar Dikukuhkan, Doni Oskaria: Momentum Kebangkitan Pengusaha Muda Minang

Wapres Ma'ruf Amin juga sampaikan, Pasar Rakyat Pariaman memiliki sejarah historis yang panjang dan dilakukan revitalisasi pasar untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat sekaligus memajukan Usaha Mkro Kecil Menengah ( UMKM ).

"Program revitalisasi pasar rakyat merupakan program lintas kementerian, perdagangan, PUPR dan koperasi dan UMKM . Program revitalisasi ini merupakan program nasional untuk meningkatkan daya saing dan tata kelola manajemen yang baik dengan mengakomodir kearifan lokal," ujarnya.

baca juga: Kemenperin: Produk Olahan Singkong, Panganan dan Camilan Premium Digemari di Banyak Negara Eropa dan Amerika

Ma'ruf Amin juga menyampaikan, revitalisasi tidak saja berupa pembangunan fisik akan tetapi juga revitalisasi manajement, sosial dan budaya dan ekonomi.

"Diharapan pemerintah daerah dan pihak pengelola haruslah melakukan revitalisasi manajement dalam tata niaga sebagai pelayanan kepada publik. Revitalisasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan revitalisasi ini menciptakan ramah lingkungan, produktif dan mengikuti dinamika pembangunan daerah," ajaknya.

baca juga: Menaker Sebut UMKM Mampu Serap Tenaga Kerja Perempuan

Diakhir sambutan Wapres RI mengingatkan para menteri terkait untuk dapat dapat membantu merealisasikan permintaan Gubernur Sumbar dan Walikota Pariaman sebagaiman arah pembangun Nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini bagian dari catatan dalam pelaksanaan pembangunan nasional, cepat atau lambatnya tidak lepas juga dari keyakinan kita kepada Allah. AKtifitas ekonomi masyarakat nantinya dapat berjalan baik dalam upaya pemulihan ekonomi nasional saat ini," ingatnya.

Editor: Joni Abdul Kasir