Puluhan KPM PKH di Payakumbuh Graduasi Mandiri

Puluhan KPM PKH di Payakumbuh Graduasi Mandiri
Puluhan KPM PKH di Payakumbuh Graduasi Mandiri (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sebanyak 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh melakukan graduasi mandiri, Selasa 6 April 2021. KPM dengan kesadaran diri memilih untuk mengundurkan diri dari kepesertaan PKH Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Camat Payakumbuh Barat, Junaidi didampingi Lurah Kubu Gadang Metrial Saputra mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para KPM yang telah mau graduasi mandiri. Ia pun sangat mengapresiasi kepada mereka para penerima manfaat yang telah secara jujur, suka rela dan atas dasar keinginan sendiri melaporkan pengundurkan diri dari program PKH.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

"Itu artinya mereka telah memiliki pola pikir yang mandiri dan tidak bergantung pada bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Sehingga mereka yang sudah mundur tersebut patut menjadi contoh bagi penerima manfaat PKH yang lainnya, khususnya yang status ekonominya juga telah membaik," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan, Rehabilitasi dan Jaminan Sosial ( PRJS) Dinas Sosial Payakumbuh Friza Susanti mengatakan graduasi mandiri adalah mereka yang secara sukarela mengundurkan diri dari penerima bantuan PKH. Hal ini biasanya dikarenakan perekonomian KPM tersebut sudah mulai membaik dan adanya keinginan memberikan kesempatan kepada keluraga pra sejahtera lainnya

baca juga: Tiga Pemudik Asal Payakumbuh Hanyut Saat Mudik Lebaran, Pencarian Korban Akan Dilanjutkan Pagi Ini

"Dengan demikian, ketika peserta PKH berkurang, dapat dimungkinkan kuota peserta PKH dapat dimanfaatkan untuk menjangkau warga pra sejahtera lainnya yang lebih membutuhkan," kata Friza.

Ia menambahkan bahwa periode Januari hingga Februari, tercatat sebanyak 175 Keluarga Penerima (KPM) manfaat yang melakukan graduasi mandiri. Ia juga berharap tahun ini tengah dilakukan percepatan graduasi kepada KPM yang telah lama berstatus sebagai penerima manfaat PKH.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera