Ikuti Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, Ini Harapan Ado Putri Adela

Ado Putri Adela, peserta Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 dari Kabupaten Lima Puluh Kota
Ado Putri Adela, peserta Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 dari Kabupaten Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Salah seorang putri terbaik Kabupaten Lima Puluh Kota , Ado Putri Adela (21 tahun) ikuti Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021. Pemilihan ini sendiri telah berlangsung sejak Rabu 7 April 2021 hingga Selasa 13 April 2021 mendatang.

Ado Putri Adela yang akrab disapa Uti ini merupakan mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI SUMBAR dan juga merupakan delegasi pada Program Kredit Transfer Mahasiswa Internasional di Fatoni University Thailand.

baca juga: Nekat Lewati Sungai, 4 Pemudik dari Riau Hanyut di Kapur IX

Ia menjelaskan keikutsertaannya di Pemilihan Duta Bahasa Sumbar tersebut adalah ingin mengajak generasi muda untuk cinta dan bangga berbahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa.

"Hal ini tentunya membutuhkan komitmen yang besar bagi saya untuk menjaga keasliannya. Kemudian saya juga ingin mengajak generasi muda khususnya di Sumatra Barat untuk selalu melestarikan Bahasa Minang," kata Uti saat wawancara dengan KLIKPOSITIF , Kamis 8 April 2021 sore via WhatsApp.

baca juga: Pasca Banjir di Akabiluru, Ratusan Jiwa Terisolir dan Ternak Mati

Ia menjelaskan dengan kemampuan Bahasa Inggris yang dimilikinya, ia juga ingin mengajak generasi muda untuk menguasai bahasa asing agar lebih mudah memperkenalkan bahasa serta budaya Indonesia ke dunia Internasional. Salah satu yang telah dilakukannya yaitu dengan memperkenalkan Bahasa Minang dan Bahasa Indonesia saat dirinya mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional di Fatoni University Thailand.

"Saat ini, penggunaan Bahasa Indonesia sudah sangat baik. Namun masih perlu ditingkatkan dan lebih memperhatikan kaidah penulisan serta pengucapannya agar kita semua dapat berbahasa yang baik dan benar," ujar Juara I Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota 2018 dan Duta Damai Provinsi Sumbar 2020 tersebut.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Selain itu, beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Uti adalah Uni Favorit Harian Singgalang pada pemilihan Uda Uni Duta Wisata Provinsi Sumatra Barat 2018 dan Finalis Global UGRAD Selection Program of 2020 (Undergraduate Exchange Program to United States with AMINEF in Jakarta).

Kemudian ia juga merupakan delegasi pada Program Kredit Transfer Mahasiswa Internasional di Fatoni University Thailand 2020 dan menjadi pemateri pada Webinar Public Speaking se-Indonesia.

baca juga: Dampak Banjir di Akabiluru, Beberapa Ekor Ternak Mati dan Jembatan Putus

Lebih lanjut, untuk Pemilihan Duta Bahasa Sumbar ini telah memasuki babak 60 Besar. Kemudian pada Jumat 9 April 2021 besok akan diumumkan peserta yang masuk 30 besar.

"Semoga dapat lolos hingga final Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 ini dan berharap bisa keluar sebagai pemenang sehingga ke depannya dapat mengajak generasi muda untuk cinta dan bangga berbahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa. Kemudian juga mengajak generasi muda khususnya di Sumatra Barat untuk selalu melestarikan Bahasa Minang," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera