Semangat Berbagi Masyarakat Tetap Naik di Masa Pandemi

Penyerahan bantuan ACT Payakumbuh untuk warga membutuhkan.
Penyerahan bantuan ACT Payakumbuh untuk warga membutuhkan. (ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang melanda tanah air selama satu tahun belakangan ternyata tidak menurunkan minat masyarkat untuk saling berbagi. Aksi Tanggap Cepat ( ACT ) perwakilan Kota Payakumbuh justru mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi dan nilai sedekah masyarakat selama masa pandemi.

Kepala Cabang ACT Kota Payakumbuh , Dana Kurnia menjelaskan, COVID-19 yang membuat perekonomian masyarakat secara umum melemah ternyata mampu memantik semangat lebih untuk dapat berbagi.

baca juga: Tiga Pemudik Asal Payakumbuh Hanyut Saat Mudik Lebaran, Pencarian Korban Akan Dilanjutkan Pagi Ini

"Meskipun secara statistik tingkat perekonomian masyarakat melemah tapi semangat untuk berbagi semakin naik," katanya, Kamis (8/4).

ACT Kota Payakumbuh sendiri baru hadir di Kota Payakumbuh atas harapan dan permintaan masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota agar dapat berkontribusi mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

baca juga: Berbagi Berkah Ramadan, ACT Solok Gelar Food Van Ifthar

Kehadiran organisasi ACT , kata dia, untuk menjadi penghubung antara dermawan yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya kepada masyarakat yang membutuhkan. Selama ini, para dermawan memiliki rezeki dan niat untuk berbagi, namun mereka tidak memiliki waktu, kesempatan, bahkan tidak tau akan disalurkan kepada sedekahnya tersebut. ACT hadir untuk memfasilitasinya, kata Dana.

Dana menyebutkan, pada Ramadan 1442 H, ACT meluncurkan gerakan sedekah pangan ramadhan dengan tema "Ramadan 2.0 tanpa batas".

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

"Sama sama kita ketahui pada awal Ramdaan tahun lalu, dengan datangnya pendemi COVID-19 ketika itu begitu mencekam. Kita tidak Salat Tarwih di masjid, tempat ibadah kita tutup. Kemudian banyak guja diantara saudara kita yang kehilangan pekerjaan dan mata pencarian," jelas dia.

Dijelaskannya, baru-baru ini pihaknya langsung turun ketika ada warga yang tertimpa bencana alam angin puting beliung yang melanda Payakumbuh dan Lima Puluh Kota.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Sementara itu, Kasubag Kesejahteraan Sosial Setdako Payakumbuh Wirman menyebutkan ACT organisasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami dari Pemerintah Kota Payakumbuh , menyampaikan terimakasih banyak dengan telah adanya perwakilan ACT di Payakumbuh . Meski beberapa kali kami sudah melakukan aksi penyaluran donasi kepada masyarakat bersama ACT . Kami berharap keberadaan acat benar-benar dirasakan oleh masyarakat," ucapnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat