UNP Laksanakan Virtual Job Fair dan Scholarship Opportunities

UNP Laksanakan Virtual Job Fair dan Scholarship Opportunities
UNP Laksanakan Virtual Job Fair dan Scholarship Opportunities (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk menjembatani lulusan perguruan tinggi dengan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA) serta melanjutkan studi, informasi beasiswa baik dalam maupun luar negeri Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Negeri Padang (UPT PKK -- UNP ) bekerjasama dengan UPT Layanan Internasional melaksanakan "Virtual Job Fair and Scholarship Opportunities" Pada Tanggal 8 - 10 April 2021 (Hari ini Kamis, Jumat dan Sabtu)

Kepala UPT. PKK UNP , Dra. Asmar Yulastri, Ph.D mengatakan, kegiatan bertujuan memberikan informasi gambaran umum tentang bagaimana untuk dapat diterima bekerja di industri, bagaimana budaya kerja di masing-masing sektor industri, dan bagaimana untuk mengambil peluang karir tersebut.

baca juga: UNP Terima Mahasiswa Baru TA 2021/2022 Melalui Jalur Mandiri

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan UPT PKK UNP dimana pada tahun sebelumnya dilaksanakan scara lansung /tatap muka, namun mengingat kondisi pandemi saat ini kegiatan kita laksanakan secara daring," katanya.

Asmar Yulastri berharap kegiatan ini mampu memenuhi tuntutan terhadap perguruan tinggi dalam rangka memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) UNP yakni persentase lulusan yang bekerja, melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan lulusan yang berwirausaha.

baca juga: Besok UNP Kukuhkan Empat Guru Besar

Rektor UNP ; Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutan seacara virtual menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terlaksanakan kegiatan virtual job fair ini yang merupakan untuk pertama kalinya di laksanakan UNP .

"Atas nama pimpinan UNP kami apresiasi dan dukungan penuh kepada UPT. PKK UNP dan Layanan Internasional yang telah berhasil mengangkat kegiatan Job Fair dan Scholarship Opportunities secara daring sealama tiga hari kedepan, yang untuk pertama kalinya di laksanakan di UNP ," tuturnya.

baca juga: Pengawasan UTBK UNP Gunakan Metal Detector Antisipasi Kecurangan

Kegiatan ini memberikan ruang informasi kepada lulusan ataupun calon lulusan baik yang akan melanjutkan pendidikan atau yang akan bekerja dan berwirausaha. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat kepada lulusan-lulusan UNP baik yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi ataupun memasuki dunia kerja.

Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Menteri Ketenagakerjaan RI Ibu Ida Fauziyah, yang telah membuka secara resmi kegiatan Virtual Job Fair yang dilaksanakan UNP dan juga kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, S.P, yang telah memberikan arahan dan sambutan pada kegiatan ini.

baca juga: Universitas Negeri Padang Buka Prodi Kedokteran Olahraga

Rektor UNP tersebut juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada dunia industri, perusahaan, instasi pemerintah, badan usaha dan perguruan tinggi serta semua pihak yang sudah mensponsori dan berpartisipasi pada kegiatan yang sangat bergengsi ini.

Diakhir sambutan Rektor UNP juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Ibu DR (HC) Nur Hayati Subakat, Apt Founder dan Komisaris Utama PT Paragon Teknologi/ CEO Wardah yang akan tampil memberikan Kuliah Umum Kewirausahaan kepada civitas akademika UNP

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dalam arahannya menyampaikan, bahwa pemerintah provinsi sumatera Barat menyambut baik dan bangga atas pelaksanaan virtual job fair ini.

"Ini merupakan gagasan cerdas yang dilaksanakan UNP dalam menyikapi situasi dan kondisi pandemi Covid 19 ini, UNP mampu menyedikan informasi dan memberikan kemudahan kemudahan kepada para pencari tenaga kerja melalui virtual job fair ini, kita berharap kepada perguruan tinggi lainnya juga bisa memberikan terobosan dalam menjawab persoalan persoalan kehidupan berbangsa," jelas Mahyeldi.

Disamping itu H. Mahyeldi juga menyampaikan ucapan apresiasi dan terimakasih kepada Menteri Ketenagakerjaan RI. "Kita berharap dengan kehadiran ibu Mentri Ida Fauziyah pada kegiatan ini akan lebih meningkatkan peran perguruan tinggi dalam menjawab dan menyambungkan informasi informasi antara dunia kerja dengan para pencara kerja. Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada ibu menaker RI dan UNP khususnya yang telah melakukan terobosan cerdas dalam menyikapi dan menjawab lonjakan pengangguran di indonesia, tentunya Sumatera Barat Khususnya," jelas Maheyldi.

Kegiatan Virtual Job Fair ini di buka langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI ibu Ida Fauziah. Menaker juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada UNP yang telah membantu pemeritah dalam menyikapi persoalan ketenagakerjaan di Indonesia.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan inovasi mempertemukan langsung secara virtual antara pencari kerja dengan pemberi kerja, sehingga sangat mendukung upaya pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran.

"Disamping itu, kegiatan virtual job fair yang di laksanakan UNP ini merupakan bentuk inplementasi link and match dipasar kerja dengan mempertemukan pencari kerja dengan bursa kerja kita apresiasi kegiatan ang sangat bermanfaat ini," tuturnya.

Kegiatan "Virtual Job Fair and Scholarship Opportunities" berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 8 - 10 April 2021 (Hari ini Kamis, Jumat dan Sabtu). Oleh karena itu kepada lulusan, alumni, mahasiswa calon lulusan diharapkan berpartisipasi untuk memanfaatkan peluang kerja dan studi lanjut to abroad universities karena kegiatan ini menghadirkan secara live perusahaan perusahaan yang akan melakukan e recruitment tenaga kerja dan Education center penyedia beasiswa.

Editor: Fitria Marlina