Mengenal Karbol Tasarai yang Membawa Koperasi Pegawai Madina Raih Penghargaan Klik Award

Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada Jhon Hendri dari Koperasi Pegawai madina dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021.
Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada Jhon Hendri dari Koperasi Pegawai madina dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021. (Dokumentasi klikpositif)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Disaat banyak industri yang terpukul akibat pandemi, Koperasi Pegawai Madina Bukittinggi beserta sejumlah pihak lainnya bersatu dan bekerjasama dalam membuat produk yang bernilai guna bagi masyarakat. Produk itu berbahan serai wangi yang diberi nama Karbol Tasarai . Apa istimewanya?

Jika banyak yang mengenal karbol hanya sebagai cairan pembersih lantai, namun Karbol Tasarai yang mengandung desinfektan alami ini memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai hand sanitizer, pembersih lantai, kaca, kamar mandi, pengusir lalat, kecoa, semut, dan serangga sebagainya.

baca juga: Sapa Pagi, Cara BPJamsostek Bukittinggi Peringati Hari Buruh

Jika digunakan untuk fogging, maka sangat ramah lingkungan, karena tidak akan ada asap tebal yang keluar seperti yang terlihat selama ini. Jika pakai Karbol Tasarai , hanya berupa cairan yang ke luar disaat melakukan fogging.

Tak hanya itu, Karbol Tasarai dengan aroma khas serai wangi bisa menghilangkan aroma tak sedap. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, produk ini mampu menghilangkan aroma tak sedap di pasar daging, tempat sampah medis, tumpukan sampah, kandang ayam, kandang kucing dan tempat lainnya.

baca juga: Ramadan Fair Berakhir, UM Sumatera Barat Umumkan Pemenang Lomba

Saat ini, ada dua turunan Karbol Tasarai yang telah dilakukan uji coba, yakni biopestisida atau pestisida alami yang diberi nama Talakak, serta pupuk cair yang diberi nama Tasambua. Semua produk ini berbahan alami, ramah lingkungan,dan aman bagi kesehatan manusia dan tanaman.

Semua produk ini juga telah dilakukan uji lab di Akfar Dwi Farma Bukittinggi dengan hasil yang positif dan ampuh membunuh kuman dan bakteri.

baca juga: UM Sumatera Barat Buka Program Ramadan Fair 1442 H

Produk yang telah digunakan membantu masyarakat saat pandemi ini membuat Koperasi Pegawai Madina mendapatkan penghargaan Klik Award sebagai lembaga yang peduli dan ikut berpartisipasi membantu masyarakat saat pandemi COVID-19.

Klik Award itu sendiri dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Jumat 9 April 2021. Ada 11 orang dan lembaga yang menerima penghargaan dalam Klik Award tersebut, ditambah tiga penghargaan untuk kategori media partner. Mereka mewakili dari banyaknya orang atau lembaga yang telah berjuang atau ikut berpartisipasi dalam membantu masyarakat saat pandemi COVID-19.

baca juga: Selama Tiga Hari, Lapas Bukittinggi Gelar Buka Bersama Antara Petugas dengan Warga Binaan

Selain Koperasi Pegawai Madina , penghargaan juga diberikan kepada Pemko Bukittinggi , Pemkab Agam, Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Green House Lezatta, Lapas Klas IIA Bukittinggi , Hotel Grand Rocky Bukittinggi , Akfar Dwi Farma, Mapala Unand, Staff Ahli Desa di Kabupaten Sijunjung Delzi Fajri.

Untuk kategori media partner, penghargaan juga diberikan kepada Komunitas YNCI Chapter Bukittinggi , Hotel Mersi Bukittinggi , serta Kedai Nasi Goreng Duta Sari.

Editor: Haswandi