Kisah UM Sumatera Barat yang Raih Klik Award Karena Sukses Membangun Kampung Sarugo

Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada PR III UM Sumatera Barat, M.Abdi, dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021.
Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada PR III UM Sumatera Barat, M.Abdi, dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021. (Dokumentasi Klikpositif Grup)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) raih penghargaan Klik Award yang dilaksanakan KLIKPOSITIF , Jumat 9 April 2021.

Penghargaan itu diberikan karena UM Sumatera Barat dinilai sukses membangun Kampung Sarugo yang terpencil, tidak tersentuh internet dan tidak ada jaringan telekomunikasi, menjadi kampung adat yang masuk tiga besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 di saat masa pandemi. Kekinian, Kampung Sarugo dijadikan sebagai lokasi syuting layar lebar.

baca juga: Tiga Pemudik Asal Payakumbuh Hanyut Saat Mudik Lebaran, Pencarian Korban Akan Dilanjutkan Pagi Ini

Kampung Sarugo merupakan salah satu kampung kecil di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar.

WR III UM Sumatera Barat, M. Abdi menceritakan, awalnya UM Sumatera Barat mengutus sejumlah mahasiswa untuk melakukan praktek lapangan di Kampung Sarugo . Namun karena saat melihat Kampung Sarugo yang unik dan masih banyak memiliki rumah gadang yang masih dihuni, akhirnya UM Sumatera Barat tertarik untuk mengembangkan kampung tersebut.

baca juga: Nekat Lewati Sungai, 4 Pemudik dari Riau Hanyut di Kapur IX

Sebagai wujud keseriusan, Rektor UM Sumatera Barat Riki Saputra turun langsung ke lokasi dan melakukan berbagai langkah pendekatan dengan warga, tokoh dan pemerintahan nagari setempat.

Warga yang sangat terbuka kepada UM Sumatera Barat akhirnya sepakat untuk menjadikan kampung mereka sebagai objek wisata baru. Meski saat itu masih dalam suasana pandemi, namun semangat untuk maju patut diacungi jempol. Hasil kerja keras UM Sumatera Barat bersama warga Kampung Sarugo hingga Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota akhirnya membuahkan hasil.

baca juga: Pasca Banjir di Akabiluru, Ratusan Jiwa Terisolir dan Ternak Mati

Kampung Sarugo yang merupakan singkatan dari Kampung Saribu Gonjong, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 kategori Kampung Adat. Bahkan Kampung ini sukses masuk dalam 3 besar kampung adat terpopuler di Indonesia pada tahun 2020.

Atas kesuksesan membangun Kampung Sarugo tersebut, UM Sumatera Barat akhirnya terpilih menerima penghargaan Klik Award .

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Klik Award itu sendiri dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Jumat 9 April 2021. Ada 11 orang dan lembaga yang menerima penghargaan dalam Klik Award tersebut, ditambah tiga penghargaan untuk kategori media partner. Mereka mewakili dari banyaknya orang atau lembaga yang telah berjuang atau ikut berpartisipasi dalam membantu masyarakat saat pandemi COVID-19.

Selain UM Sumatera Barat, penghargaan juga diberikan kepada Pemko Bukittinggi , Pemkab Agam, Koperasi Pegawai Madina, Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Green House Lezatta, Lapas Klas IIA Bukittinggi , Hotel Grand Rocky Bukittinggi , Akfar Dwi Farma, Mapala Unand, Staff Ahli Desa di Kabupaten Sijunjung Delzi Fajri.

Untuk kategori media partner, penghargaan juga diberikan kepada Komunitas YNCI Chapter Bukittinggi , Hotel Mersi Bukittinggi , serta Kedai Nasi Goreng Duta Sari.

Editor: Haswandi