Bangun Mushalla Di Lereng Gunung Talang, Mapala Unand Raih Penghargaan Klik Award

Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada Anggota Penuh Mapala Unand, Nurdian Efendi, dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021.
Direktur Utama KlikPositif Oktaveri serahkan piagam penghargaan kepada Anggota Penuh Mapala Unand, Nurdian Efendi, dalam anugerah Klik Award yang dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Jumat 9 April 2021. (Dokumen KlikPositif)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Usaha dan perjuangan Mapala Unand dalam membangun mushalla di lereng Gunung Talang Kabupaten Solok - Sumbar, membuat Mapala Unand raih penghargaan Klik Award yang digelar KLIKPOSITIF , Jumat 9 April 2021.

Mapala Unand dinilai sangat berjasa membantu banyak orang, khususnya para pendaki yang ingin melaksanakan shalat di lereng Gunung Talang . Mushalla itu sendiri telah diresmikan oleh Rektor Unand, Yuliandri, pada Minggu 14 Februari 2021.

baca juga: Sapa Pagi, Cara BPJamsostek Bukittinggi Peringati Hari Buruh

Menurut Anggota Penuh Mapala Unand Nurdian Efendi, yang juga merupakan salah seorang penanggung jawab pembangunan mushalla, pembangunan mushalla ini berawal saat pihaknya melaksanakan shalat subuh di lereng Gunung Talang . Namun karena waktu itu sedang hujan, akhirnya shalat subuh dilakukan dalam keadaan basah-basah dan dalam cuaca yang sangat dingin.

"Jadi kita berpikir, kenapa gak kita bikin mushalla di sana, karena mungkin bisa kita bikin. Jadi, seluruh personel Mapala Unand se-Indonesia itu bersepakat kita bikin mushalla dengan biaya kita sendiri dan dibantu oleh para simpatisan dari Mapala Unand Sendiri," ulas Nurdin Efendi.

baca juga: Ramadan Fair Berakhir, UM Sumatera Barat Umumkan Pemenang Lomba

Ia menyebut, anggota Mapala Unand terdiri dari berbagai kalangan dan profesi, sehingga dalam pembangunan mushalla ini memberdayakan anggota yang ada.

Namun diakuinya, butuh tenaga ekstra untuk mengangkut material ke gunung yang berketinggian 2.597 mdpl itu. Selain menempuh medan berat, masing-masing anggota juga mengangkut material seberat 7 hingga 10 kilogram.

baca juga: UM Sumatera Barat Buka Program Ramadan Fair 1442 H

"Alhamdulillah berkat bantuan dari semua pihak juga, mushalla tertinggi di Indonesia ini dapat kita bikin dan kamipun sebenarnya tidak tahu bahwasannya ini sempat booming. Belum turun kami dari puncak Talang, ini sudah trending dan diresmikan oleh Bapak Rektor jam 10 pagi. Kita turun jam 2 sampai jam 5, dalam perjalan kita sudah viral," ungkap Nurdian Efendi.

Atas perjuangan Mapala Unand itu, KLIKPOSITIF pun memberi penghargaan dalam ajang Klik Award. Klik Award itu sendiri dilaksanakan di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Jumat 9 April 2021.

baca juga: Selama Tiga Hari, Lapas Bukittinggi Gelar Buka Bersama Antara Petugas dengan Warga Binaan

Ada 11 orang dan lembaga yang menerima penghargaan dalam Klik Award tersebut, ditambah tiga penghargaan untuk kategori media partner. Mereka mewakili dari banyaknya orang atau lembaga yang telah berjuang atau ikut berpartisipasi serta berjasa dalam membantu banyak orang saat pandemi COVID-19.

Selain Mapala Unand , penghargaan juga diberikan kepada Pemko Bukittinggi , Pemkab Agam, Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Green House Lezatta, Lapas Klas IIA Bukittinggi , Hotel Grand Rocky Bukittinggi , Akfar Dwi Farma, Koperasi Pegawai Madina, Staff Ahli Desa di Kabupaten Sijunjung Delzi Fajri.

Untuk kategori media partner, penghargaan juga diberikan kepada Komunitas YNCI Chapter Bukittinggi , Hotel Mersi Bukittinggi , serta Kedai Nasi Goreng Duta Sari.

Editor: Haswandi