Kualitas Udara Semakin Buruk, DLH Padang Rancang Perda Pengendali Udara

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG , KLIKPOSITIF - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang membenarkan bahwa kualitas udara di Kota Padang semakin menurun pada angka 74,51.

Hal tersebut sesuai dengan penilaian Indeks Pencemaran Udara (IPU) yang dilakukan oleh DLH Sumatera Barat selama tahun 2020 lalu.

baca juga: Astra Grup Padang Berikan Bantuan Sembako Untuk Satpol PP Padang

"Ya memang benar Kota Padang menjadi daerah terendah terhadap indeks kualitas udara di Sumatera Barat," kata Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan, DLH Kota Padang Fuad Syukri.

Meskipun begitu, menurutnya kualitas udara di Kota Padang masih dalam kategori baik dan belum banyak pencemaran udara terjadi.

baca juga: Lokasi Wisata di Zona Merah dan Orange Harus Tutup Saat Libur Lebaran, Ini Tanggapan Wali Kota Padang

"Untuk mengatasi hal tersebut dan agar kualitas udara di Kota Padang tidak terus memburuk, kami berharap ada aturan untuk penindakan terhadap kendaraan yang memuat polusi udara ini," katanya

Menurutnya, saat ini DLH Kota Padang sedang merancang peraturan daerah (Perda) tentang pengendali udara dari emisi kendaraan untuk menjaga udara agar tidak semakin memburuk.

baca juga: Jasa Penukaran Uang di Pinggir Jalan Lesu Jelang Lebaran

"Diharapkan rancangan perda dapat segera diusulkan, sehingga ada payung hukum yang jelas terhadap kendaraan yang dapat beroperasi di Kota Padang ," lanjutnya.

Menurutnya, nantinya kendaraan yang boleh berkeliaran di Kota Padang hanya yang lulus uji standar emisi sesuai dengan aturan internasional.

baca juga: Pesanan Mulai Meningkat, Pembuat Keranjang Parsel Kembali Bernapas Lega

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi