Warga Cangkiang Gotong Royong Bersihkan Komplek Makam Regent Agam Tuo

Makam Fakih Shagir
Makam Fakih Shagir (Riko)

AGAM , KLIKPOSITIF - Puluhan warga Jorong Cangkiang, Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek, Agam -Sumbar, bergotong royong membersihkan Komplek Makam Regent Agam Tuo, Minggu 11 April 2021.

Regent Agam Tuo yang dikebumikan di komplek ini, adalah Fakih Shagir Syekh Djalaluddin yang bergelar Tuanku Samiak.

baca juga: Nagari Pasia Laweh Agam Luncurkan Program 1.000 Sajadah

Ia adalah ulama sekaligus diyakini sebagai Regent atau Bupati Agam Tuo pertama, yang menjabat pada 1826 masehi silam.

Gotong royong dipimpin langsung oleh Wali Jorong Cangkiang Abrar Nurdin, Ketua Pengurus Masjid Almuttaqin Gusmar Diki, maupun pemuka masyarakat lainnya.

baca juga: 27 Warga Binaan Rutan Maninjau Dapat Remisi

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut masuknya Ramadan yang akan jatuh dalam beberapa hari ke depan.

Pantauan KLIKPOSITIF , warga tampak kompak dengan membersihkan komplek yang berisi puluhan kubur kuno maupun kuburan warga umum lainnya.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Salah satu warga, Rizal Sutan Mangkuto mengatakan, gotong royong sebenarnya merupakan hal yang sering dilakukan di kawasan itu, namun kali ini cukup istimewa karena jelang masuknya Ramadan.

Menurutnya, Fakih Shagir merupakan ulama terkenal pada masanya dengan mendirikan sebuah surau dengan ratusan pengikut. Ia hidup antara tahun 1753-1857 masehi, atau semasa Perang Padri.

baca juga: Jumlah Pemotongan Sapi di Agam Diprediksi Menurun

"Kondisi makamnya saat ini sudah sangat terawat karena pernah direvitalisasi, sehingga yang kita bersihkan adalah lingkungan sekitarnya," katanya.

Ia mengatakan, dengan membersihkan komplek pemakaman ini, semua pihak diharapkan bisa mengingat sejarah Fakih Shagir dalam menyiarkan ajaran Islam.

Editor: Hatta Rizal