Tembus Perbatasan, Dikdukcapil Agam Terbitkan 630 Dokumen

Ilustrasi/Palupuah
Ilustrasi/Palupuah (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam melayani kepentingan administrasi kependudukan (Adminduk) masyarakat lewat Sistem Pelayanan Keliling (Siskamling).

Pelayanan ini dilakukan Disdukcapil bahkan hingga ke daerah perbatasan Kabupaten Agam yang sulit dijangkau seperti Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuah pada Sabtu 10 April 2021.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Kepala Disdukcapil Agam Misran melalui PLT Sekretaris Novia Sandrianti menyebut, Siskamling Nagari Nan Tujuah berhasil menerbitkan 630 dokumen Adminduk.

"Selain 630 dokumen Adminduk, Siskamling kali ini juga mencatat perekaman sebanyak 92 orang," katanya pada Minggu 11 April 2021.

baca juga: Jumlah Pemotongan Sapi di Agam Diprediksi Menurun

Ia mengungkap, 630 dokumen Adminduk terdiri dari E-KTP sebanyak 190 dokumen, KK 136 dokumen, KIA 120 dokumen, Akta Kelahiran 88 dokumen dan Akta Kematian 10 dokumen.

"Selama pelayanan berlangsung, dari pukul 10.00 WIB pagi, Wali Nagari beserta perangkat nagari sangat antusias ikut serta dalam pelayanan hingga pukul 18.00 WIB sore," ujarnya.

baca juga: Pemkab Agam Salurkan Dana Insentif ke Guru TPA

Untuk kedepannya, Wali Nagari Nan Tujuah mengatakan kesiapan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis aplikasi website. Disebutkan, aplikasi tersebut sedang dalam tahap uji coba di 4 nagari.

Novia melanjutkan, Nagari Nan Tujuah masuk kategori daerah yang terbilang jauh dari Ibu Kota Kabupaten. Medan menuju lokasi terbilang sulit karena kerap terjadi longsor.

baca juga: Waspada Pandemi, Objek Wisata di Agam Tutup Saat Libur Lebaran

"Tim pelayanan menempuh jalan alternatif yang rawan longsor pada musim penghujan seperti saat ini, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk memberi pelayanan," katanya.

Novia menambahkan, tim yang turun ke lokasi sebanyak 14 personil dan ikut mengkoordinator Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Syahrial.

(AMC)

Editor: Hatta Rizal