Operasi Keselamatan Singgalang 2021 Dimulai Hari ini

Apel kesiapan petugas di Polres Pariaman
Apel kesiapan petugas di Polres Pariaman (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Operasi Keselamatan Singgalang 2021 Polres Kota Pariaman - Polda Sumbar dimulai hari ini hingga 14 hari ke depan. Terkait operasi dengan sandi Singgalang itu, Kapolres Kota Pariaman , AKBP Deny Rendra Laksmana melalui Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Pariaman , IPTU Albert IG Hutagalung mengatakan, dalam operasi tahun ini petugas mengedepankan sikap preventif dan humanis.

"Operasi Keselamatan Singgalang 2021 merupakan operasi tahunan Polri untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran dalam berlalu lintas bagi pengendara. Berkenaan dengan pandemi COVID-19 masih mewabah maka operasi mengedepankan sikap preventif dan humanis serta mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ungkap IPTU Albert IG Hutagalung di kantornya Senin 12 April 2021.

baca juga: BMKG Mulai Pantau Hilal Syawal 1442 Pada Selasa Depan

Operasi ini, kata IPTU Albert lagi, dilakukan dari 12 April hingga 25 April. Dalam operasi petugas tidak mengutamakan penindakkan namun lebih pada imbauan, teguran serta sosialisasi melalui media sosial. "Kendatipun demikian, bukan berarti tidak ada penindakkan ya," ulas Albert.

Sesuai dengan petunjuk Kapolres Pariaman , saat operasi, kata IPTU Albert, pihaknya juga melakukan imbauan larangan mudik. "Imbauan mudik juga dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah corona," jelasnya.

baca juga: Muhammadiyah Tetapkan Idulfitri Pada Kamis 13 Mei

Untuk itu, dalam operasi kali ini petugas melakukan sosialisasi rekayasa pencegahan mudik di beberapa titik jalan umum kota Pariaman . "Untuk personil lantas yang terlibat dalam operasi keselamatan sebanyak 37 personil," kata Kasat Lantas.

Dia juga mengimbau kepada warga agar menjadikan bulan puasa sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga. "Menjadikan bulan puasa sebagai momen bersama keluarga. Menjalani ibadah puasa dengan cara menghindari diri dari hal hal yang merugikan diri sendiri seperti balapan liar dan lainnya," katanya.

baca juga: "Tagak Tampughuang" Tradisi Menyambut Malam 27 Ramadan di Kampung Maligi Pasbar

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani