Wali Nagari Pasia Laweh Agam, Terpilih Jadi Ketua Forwana Sumbar

Zul Arfin
Zul Arfin (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Wali Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah Zul Arfin terpilih sebagai Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Sumbar periode 2021-2024.

Zul Arfin terpilih setelah dilakukan Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Sumbar baru-baru ini.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Sedangkan untuk Sekretaris dijabat Ketua Forwana Liko Kabupaten Limapuluh Kota serta Bendahara dari Perhimpunan Wali Nagari Kabupaten Solok.

Zul Arfin mengatakan, dalam pemilihan tidak ada intervensi dari pemerintah sehingga pemilihan berlangsung demokratis. Dijadwalkan, dalam waktu dekat Gubenur Sumbar akan mengukuhkan kepengurusan Forwana.

baca juga: Jumlah Pemotongan Sapi di Agam Diprediksi Menurun

"Setelah pengukuhan nanti kita langsung melaksanakan raker penyusunan draft AD/ART, yang nanti akan difasilitasi oleh DMPD Sumbar," ungkap Zul Arfin, Senin 12 April 2021.

Kemudian, untuk penyusunan visi misi dan program strategis, Forwana akan melakukan pendekatan strategis ke semua pihak dengan mengedepankan kemajuan nagari atau desa di Sumbar.

baca juga: Pemkab Agam Salurkan Dana Insentif ke Guru TPA

"Tentu dalam bekerja kita akan berdampingan terus dengan seluruh stakeholder, sebagai koordinasi kita dengan pemerintah daerah, provinsi, DPRD dan pihak yang dapat mempercepat tumbuhnya pembangunan di Sumbar," kata Zul Arfin.

Ia berharap, agar Wali Nagari se Sumatera Barat tetap bersinergi, karena target ke depan bagaimana menggelorakan semangat kampung tangguh nusantara atau nagari tageh rumah gadang di Sumatera Barat.

baca juga: Waspada Pandemi, Objek Wisata di Agam Tutup Saat Libur Lebaran

"Ini prioritas agar semua nagari di Sumbar, mampu jadikan nagari tageh menjadi kekuatan baru menuju Sumatera Barat kuat di semua bidang," pungkasnya.

(AMC)

Editor: Hatta Rizal