Temui Menteri Kelautan dan Perikanan, Bupati Pessel Bahas Potensi Perikanan dan Peningkatan Ekonomi Nelayan

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, di Jakarta, Senin 12 April 2021.

Dalam pertemuan itu, Bupati Pessel mengaku, dirinya membahas sejumlah usulan program yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan sektor ekonomi di daerah.

baca juga: Industri Sawit Punya Nilai Ekonomi Ratusan Triliun, Ini Langkah Pemerintah

"Alhamdulillah saya kemarin (Senin 12 April 2021) sudah bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menyampaikan beberapa hal, berkaitan dengan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan di Pesisir Selatan," ungkap Rusma Yul Anwar.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya memaparkan potensi perikanan di Pesisir Selatan yang didukung laut dengan panjang garis pantai lebih kurang 240 kilometer, serta didukung oleh Kawasan Wisata Bahari Mandeh.

baca juga: PKS: Ketahanan Keluarga, Perlindungan Ibu dan Anak Catatan Besar Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Selain memaparkan potensi perikanan, bupati, juga menyampaikan beberapa usulan berkaitan upaya meningkatkan ekonomi nelayan kepada Menteri . Diantaranya, kegiatan revitalisasi pasar ikan, sarana dan prasarana alat tangkap, pengolahan perikanan dan budidaya perikanan darat dan laut.

Menurut Bupati Rusma Yul Anwar, untuk meningkatkan perekonomian nelayan diperlukan adanya modernisasi sarana dan prasarana alat tangkap, serta sarana pengolahan dan budidaya perikanan serta sumber daya manusia yang mumpuni.

baca juga: Dibuka di Jalur Hijau, IHSG Pagi Ini Bergerak Menguat

"Untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan tersebut diperlukan dukungan pemerintah pusat dengan program kegiatannya dan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK)," jelasnya.

Lanjutnya, dari pemaparan itu, Rusma Yul Anwar mengaku, Menteri Kelautan dan Perikanan sangat merespon apa yang disampaikannya dan berjanji untuk menindaklanjutinya.

baca juga: Kekhawatiran Inflasi Dorong Harga Emas Dunia Menguat

"Mudah-mudahan Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan program sesuai dengan apa yang telah disampaikan tadi. Sehingga potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar itu dapat digarap secara maksimal untuk peningkatan ekonomi masyarakat,"imbuhnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani