Panitia Pemilihan Bamus Simpang Kapuak Tetapkan 5 Calon Terpilih Hasil Pemilihan Langsung

Proses rekapitulasi Bamus Nagari Simpang Kapuak.
Proses rekapitulasi Bamus Nagari Simpang Kapuak. (Ist)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Panitia pemilihan Badan Musyawarah ( Bamus ) Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota akhirnya menetapkan lima calon terpilih Bamus Nagari Simpang Kapuak periode 2021-2027 yang dipilih langsung oleh masyarakat.

Proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat nagari sendiri tuntas dilaksanakan panitia pada Rabu (14/4). Di hari yang sama juga langsung ditetapkan lima calon terpilih.

baca juga: Terpapar COVID-19, Mantan Bupati Lima Puluh Kota Tutup Usia

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang mewakili wilayah Jorong Dusun Nan Duo dan Simpang Abu ditetapkan Nanda Harputra sebagai calon terpilih dengan raihan suara 249 suara. Dapil 2 perwakilan wilayah Jorong Sopan dan Simpang Goduang ditetapkan Usman sebagai calon terpilih dengan 239 perolehan suara.

Untuk Dapil 3 untuk wilayah Jorong Lobuah Tunggang dan Jorong Balai Tampuak Pinang ditetapkan Idel Asrika dengan perolehan suara 241. Dapil 4 untuk wilayah Jorong Koto Tinggi dan Jorong Kubang Balambak ditetapkan Irwanto sebagai calon terpilih dengan 190 suara. Terakhir, untuk keterwakilan perempuan ditetapkan Nisrwati dengan total suara 563 dukungan.

baca juga: Tim SAR Temukan Korban Terakhir Pemudik yang Hanyut di Lima Puluh Kota

"Setelah proses rekap tingkat nagari selesai. Hari ini (Rabu, 14/4) juga langsung kita lakukan penetapan calon terpilih," kata Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari Simpang Kapuak, Novendri didampingi Oyong Pices Irfan.

Dikatakannya, pemilihan Bamus secara langsung disambut antusias oleh warga nagari tersebut. Berdasarkan data panitia, tercatat sebanyak 3.268 warga yang mempunyai hak pilih.

baca juga: Tim SAR Gabungan Kembali Temukan Pemudik yang Hanyut di Lima Puluh Kota

Dikatakannya, meski tidak semua calon yang berkampanye ataupun membuat alat peraga kampanye, semarak pemiliha Bamus Nagari Simpang Kapuak ini cukup terasa.

"Tingkat partisipasi masyarakat juga cukup tinggi dan lebih dari 60 persen," pungkasnya. (*)

baca juga: Pencarian Hari Ketiga, Satu Pemudik yang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Editor: Taufik Hidayat