Sama dengan Tahun Lalu, Peringatan HJK Pessel ke 73 Tahun Ini Dilaksanakan Tanpa Festival Langkisau

Pantai carocok Painan - Pessel
Pantai carocok Painan - Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat bakal kembali merayakan hari jadi kabupaten (HJK) setempat tanpa event Festival Langkisau. Karena selain tidak dianggarkan dari awal, juga karena masa pandemi yang belum berakhir.

Kepala Dinas Pariwisata Pessel , Hadi Susilo mengakui, untuk menyiasati Dinas Pariwisata Pessel tetap mencari alternatif lain untuk menjadikan momentum HJK sebagai ajang promosi wisata, meski tanpa Festival Langkisau.

baca juga: Bupati Pessel Bolehkan Salat Ied di Masjid dan Lapangan, Kecuali di Nagari Zona Merah

Saat ini salah satunya dengan membuat konten video promosi secara virtual. Karena, dua tahun HJK dengan tahun ini belum memungkinkan dirayakan dengan event besar yang biasa digelar pada HJK-HJK sebelumnya.

"Karena hal itu, event yang memungkinkan kita buat hanya bersifat virtual. Di hari jadi sekarang, kami akan membuat konten (video) promosi virtual," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

Diketahui, Festival Langkisau biasanya digelar bergandengan dengan peringatan ulang tahun atau hari jadi Pesisir Selatan guna memeriahkan sejarahnya yang jatuh tepat pada 15 April.

Festival Langkisau, diantaranya berisi pagelaran permainan anak nagari, pemilihan duta wisata Pesisir Selatan , sirkuit bola voli pantai tingkat nasional, dan kejuaraan paralayang dan lainnya.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Kendati pandemi, menurut Hadi Susilo, event tersebut tidak bisa dilaksanakan, karena memang saat ini Pemkab masih dalam masa melawan pandemi.

"Dahulukan diselaraskan, seperti event Festival Langkisau. Tapi, karena memang Covid kita belum berani. Karena untuk mengangkat event sebesar itu, kita melibatkan orang banyak," terangnya.

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Lanjutnya, meski di HJK ke 73 tahun ini tanpa ada aktivitas event, namun dinas peristiwa tetap memilih alternatif lainnya untuk menjadi momentum HJK menjadi ajang promosi wisata. Walaupun hanya dengan konten video.

"Dan video itu sudah disiapkan oleh tim kreatif kita. Kemudian akan dipublish saat sidang paripurna, dan dipublikasi melalui akun media sosial beberapa mitra influencer yang telah kita hubungi," tutupnya.

Diketahui, Kamis 15 April 2021, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ) bersama masyarakat bakal memperingati Hari Jadi Kabupaten (HJK) Pesisir Selatan ke-73.

Pj. Sekretaris Daerah Pesisir Selatan , Emirda Ziswati mengatakan, HJK Pesisir Selatan seperti biasanya bakal dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD di ruang rapat DPRD setempat.

Pelaksanaan hari jadi kabupaten ke-73 itu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Menurutnya, peringatan hari jadi tahun ini dilakukan secara sederhana dan juga dengan undangan hadir yang terbatas. Itu disebabkan kondisi daerah yang masih terjadi Pandemi Covid 19.

"Ya, peringatan hari jadi tahun 2021 ini dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid 19. Akan tetapi, hal itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid 19," ungkapnya di Painan, Selasa 13 April 2021.

Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ditetapkan pada 15 April. Hal itu berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Daerah Tingkat II Pesisir Selatan Nomor 02 tahun 1995 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Daerah tingkat II Pesisir Selatan .

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi