Kembali Datang ke Pariaman, Kepala BNPB Beri Apresiasi Walikota Karena Hal Ini

Kepala BNPB, Gubernur Sumbar dan Walikota Pariaman
Kepala BNPB, Gubernur Sumbar dan Walikota Pariaman (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, kembali datang ke Pariaman dan berikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pariaman dalam melaksanakan mitigasi bencana, Rabu sore (14/4/2021).

Dikatakan oleh Doni Monardo, Pemerintah Kota Pariaman berhasil merawat pohon di pantai sebagai antisipasi jika terjadi bencana tsunami dan abrasi pantai.

baca juga: Ini Imbauan Satlantas Pariaman Terkait Pawai Takbiran di Pariaman

"Dalam mitigasi bencana ini bukan sebarapa banyak pohon yang kita tanam, tetapi seberapa banyak pohon yang hidup," kata Doni saat peninjau pohon pinango yang ditanam oleh Wakil Presiden bebetapa waktu lalu.

Dia mengatakan juga, kedatangannya ke Kota Pariaman , memastikan apakah pohon yang ditanam Wapres itu hidup dan dirawat dengan baik. Karena banyak yang bisa menanam, tetapi tidak visa merawat.

baca juga: Genius Rangkul Tokoh Adat untuk Sosialisasikan Bahaya Covid-19

"Pesisir pantai di Sumbar ini mempunyai resiko yang tinggi terjadinya bencana, karena adanya pertemuan lempengan dibagian selatan Kepulauan mentawai," katanya.

Jika terjadi pergeseran tersebut, kata Doni lagi, maka akan berdampak terhadap masyarakat yang di pesisir pantai, tidak hanya di daerah Kota Padang saja, tetapi seluruh pesisir pantai Sumbar, Sumut dan Bengkulu.

baca juga: Kota Pariaman Terbaik Pertama Penanganan Covid-19 di Sumbar

"Untuk mengatasi menghadapi bencana itu harus dilakukan dengan Mitigasi kombinasi, yaitu mitigasi berbasis vegetasi dan mitigasi infrastruktur," ungkap Doni.

Untuk infrastruktu kata Doni, akan memakan banyak anggaran, bahkan pemerintah tidak mampu untuk merealisasikanya dalam waktu dekat. Tetapi belajar dari pegalaman dari Jepang yang membangun untuk mencegah bencana, dalam waktu dua tahun kembali hancur dan memakan lebih banyak korban.

baca juga: Bank Nagari Berikan Ratusan Paket Sembako untuk Pelaku Usaha Mikro di Pariaman

"Nah sebenarnya tidak ada mitigasi ciptaan manuasia yang kokoh dan yang berbasis alam adalah salah satu solusi yang terbaik, ditambah lagi dengan kesiapsiagaan masyarakat. Jika ada gempa yang kuat, lebih dari 20 detik maka segera lari dan mencari tepat aman," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar menyampaikan kedatangan Doni Monardo itu adalah melihat pohon Pinago yang ditanam satu minggu lalu, seberapa banyak tumbuh dan bagai mamana pemerintah Kota Pariaman dan Masyarakat menjaganya.

"Kita menyampaikan kepada masyarakat kalau pohon pinago ini adalah salah satu mitigasi alam yang kita lakukan untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Rehasa

Penulis: Rehasa | Editor: Khadijah