Doni Monardo Minta Perantau Tidak Pulang Kampung, Silaturahim Lebaran Virtual Saja

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (TNI) Doni Monardo
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (TNI) Doni Monardo (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (TNI) Doni Monardo meminta perantau Minang agar tidak pulang kampung untuk sementara waktu.

Permintaan itu sejalan dengan larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 -17 Mei 2021.

baca juga: Rakik-rakik Malam Takbiran, Obat Rindu Perantau Salingka Danau Maninjau

Melalui surat edaran ini, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

"Jadi keputusan pemerintah pusat, mudik dan pulang kampung dilarang. Bagi perantau untuk bersabar dulu ya, Covid-19 belum habis, masih ada, jadi harap untuk bersabar," ucapnya, Kamis, 15 April 2021 di Padang.

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

Doni mengatakan, berkaca dari lebaran tahun sebelumnya, terjadi peningkatan kasus saat dilakukannya aktivitas pulang kampung. Oleh karena itu ia berharap perantau lebaran secara virtual dan bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi.

"Jadi masyarakat yang ada di rantau, jangan pulang kampung dulu. Karena risikonya, setelah lebaran maka kasus Covid-19 meningkat, rumah sakit penuh, dokter pun terdampak Covid-19," ungkap Doni.

baca juga: 2 Kali Lebaran Tidak Mudik, dr Tirta: Syukurilah yang Masih Bisa Sungkem ke Bapak Ibu

Ia menambahkan tidak sedikit dokter dan tenaga kesehatan sebagai ujung tombak dalam perawatan akhirnya pun terpapar. Bahkan tidak sedikit juga yang meninggal dunia.

"Jadi kalau kita sayang kepada bangsa kita, sayang kepada keluarga kita, sayang kepada dokter yang berjuang untuk kemanusiaan. Maka bersabar, jangan pulang kampung," sebutnya.

baca juga: Gawat, Korban Meninggal Dunia Akibat COVID-19 di India Telah Lebih Dari 250.000 Orang

Untuk diketahui, pemerintah juga telah menetapkan aturan terkait larangan pengoperasian seluruh moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api pada 6-17 Mei 2021. Larangan aktivitas mudik atau pulang kampung tersebut diberlakukan saat lebaran Idulftri 1442 Hijriah. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir