Perkuat SDM Kebencanaan, BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan di Padang

Sekretaris sekaligus Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh An Denitral
Sekretaris sekaligus Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh An Denitral (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana ( KSB ) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Sekretaris sekaligus Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh An Denitral didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Arman Riska kepada KLIKPOSITIF mengatakan pelatihan ini diadakan oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat. Ia menjelaskan bahwa pada bulan April ini, BPBD Kota Payakumbuh memberangkatkan sebanyak 12 orang anggota KSB ke Padang untuk mengikuti Pelatihan Dasar tentang Penanggulangan Bencana.

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

"Kita mengirim 12 orang anggota KSB dari beberapa kelurahan untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini dilakukan dalam tiga angkatan. Sudah 8 orang yang berangkat untuk angkatan 1 dan 2. Minggu depan akan kita berangkatkan 4 orang lagi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh BPBD Provinsi. Alhamdulillah kita berkesempatan berpartisipasi mengirim peserta," kata An Denitral, Rabu 7 April 2021

An Denitral berharap dengan pelatihan ini nantinya peserta dapat menularkan ilmu dan keterampilan yang didapatkan kepada keluarga dan lingkungan terdekat. Serta pelatihan ini berkelanjutan dan dapat diikuti oleh seluruh anggota KSB yang ada di Kota Payakumbuh .

baca juga: Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam

"Harapan kita, pelatihan ini berkelanjutan, sehingga seluruh anggota KSB kita bisa ikut. Jadi semakin banyak warga yang paham dan mengerti tentang potensi bencana dan bagaimana menanganinya," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah