Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumbar

Asisten II Elzadaswarman bersama Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Havid Dauli  saat menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat.
Asisten II Elzadaswarman bersama Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Havid Dauli saat menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat. (Ade Suhendra)
PADANG, KLIKPOSITIF --

Pemerintah Kota Payakumbuh terima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah ( TP2DD ) Provinsi Sumatera Barat, Jumat 9 April 2021. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah ProvinsiSumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat.

Plh Sekretaris Daerah ProvinsiSumatera Barat Benni Warlis mengatakan sebelumnya sudah ada 4 kota dan kabupaten yang sudah melakukan penandatanganan TP2DD bersama Bank Indonesia Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh adalah yang ke 5 melakukan penandatanganan.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

"TP2D adalah sebuah forum yang akan mempercepat elektronisasi pemerintah menuju digitalisasi daerah dan diharapkan dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas serta meningkatan pendapatan daerah sehingga dapat membuat daya guna dan manfaat baru terhadap masyarakat di daerah masing-masing tentunya," kata Benni.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten II Elzadaswarman menyampaikan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD ini merupakan komitmen dari Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan elektronifikasi dilingkungan Pemerintah Daerah terutama di Kota Payakumbuh . Hal ini juga disuport dengan Kerja sama Pemko Payakumbuh dengan Bank Nagari.

baca juga: Indeks Keyakinan Konsumen April 2021 Makin Optimistis Terhadap Kondisi Ekonomi

" Pemko Payakumbuh saat ini telah menggunakan transaksi digitalisasi , dimana dari sisi penerimaan daerah sejak tahun 2019 seluruh pajak daerah sudah melakukan sistem pembayaran secara elektronik melalui seluruh Channel pembayaran bank nagari," ujarnya

Ia menjelaskan bahwa dari sisi pengeluaran belanja daerah pada tahun yang sama Pemko Payakumbuh sudah menggunakan SP2D online yang terkoneksi host to host dengan Bank Nagari. Sehingga dengan telah ditandatanganinya SK TP2DD diharapkan dapat memperkuat Efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan.

baca juga: Sidak ke Pasar Payakumbuh, Wali Kota Riza Falepi Minta Warga Patuhi Prokes

"Mari kita bersama-sama semangat membangun daerah melalui keterbukaan dengan aplikasi-aplikasi yang bisa di akses oleh seluruh masyarakat menggunakan transaksi-transaksi melalui elektronik, Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik baik kecepatan transaksi keuangan maupun transparansi. Serta dapat mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital," kata Elzadaswarman yang akrab disapa Om Zet ini.

Secara terpisah, Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Havid Dauli mengatakan demi mewujudkan program TP2DD , kedepan Bank Nagari siap untuk mendukung Pemko Payakumbuh untuk kesuksesan program Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) ini dengan mengunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS).

baca juga: IKESMA Peduli, Alumni SMAN 1 Payakumbuh Salurkan Bantuan 500 Sembako Bersama Wawako Erwin Yunaz

"Sudah pasti kita pihak Bank Nagari akan mendukung kesuksesan dan kelancaran program P2DD dengan mempergunakan sistem QRIS Artinya kedepan transaksi pembayaran bakal dilakukan melalui layanan scan Quick Response Indonesian Standar QRIS, serta menargetkan transaksi berbasis elektronik untuk Pembayaran APBD pada Seluruh OPD di Kota Payakumbuh berjalan sesuai harapan," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah