Menhub Sebut Seluruh Awak Pesawat Sudah Divaksin

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hampir semua awak pesawat berbagai maskapai telah mendapatkan vaksinasi. Dia menyebut pemerintah telah mempriotaskan program vaksinasi untuk awak pesawat mulai dari pramugari, pilot, dan pegawai bandara.

"Guna mencegah virus Corona berkembang meskipun pemerintah sudah melakukan vaksinasi nasional untuk semua operator. Insha Allah sudah semuanya," ujar Menhub dalam sebuah Webinar, Kamis (15/4/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Identik dengan Busana Branded, Gamis Nagita Slavina Bibanderol dengan Harga Terjangkau Cocok Untuk Lebaran

Namun begitu, Menhub tetap mengingatkan maskapai tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, meski semua awak pesawat telah divaksinasi. "Secara garis besar seluruh operator penerbangan di Indonesia telah menyiapkan strategi sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru," jelas dia.

Budi meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar para profesi di sektor transportasi seperti pilot, sopir, hingga masinis juga menjadi bagian prioritas vaksinasi. Bahkan, Menhub telah menyurati ke Kemenkes soal permintaan tersebut.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

"Soal vaksin saya sudah berkirim surat kepada kemenkes untuk operator diberikan prioritas," ujar Menhub dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Senin (25/1/2021).

Menurut Menhub , keinginannya profesi di sektor transportasi, karena mereka berhubungan dengan banyak orang. Sehingga, lanjutnya, perlu divaksinasi agar terjaga dari virus Covid-19. "Pramugari kan deket sama kita, pilot juga supir bus kenek kondektur sopir taksi. Jadi, kita minta harus dilakukan," ucap dia.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

Editor: Ramadhani