Perdana Digelar, School Of Randang Berlangsung di Kota Payakumbuh

Pemko Payakumbuh melalui UPTD Sentra Randang Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Payakumbuh gelar kegiatan School of Randang di Sentra Rendang IKM Kota Payakumbuh, Senin 12 April 2021
Pemko Payakumbuh melalui UPTD Sentra Randang Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Payakumbuh gelar kegiatan School of Randang di Sentra Rendang IKM Kota Payakumbuh, Senin 12 April 2021 (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF

Pemko Payakumbuh melalui UPTD Sentra Randang Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Payakumbuh gelar kegiatan School of Randang di Sentra Rendang IKM Kota Payakumbuh , Senin 12 April 2021. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah Pemko Payakumbuh dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang .

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz saat membuka kegiatan School of Randang mengatakan bahwa dari usia dini ini generasi muda harus mengenal dan mempelajari kearifan lokal ranah Minang. Sehingga kearifan lokal seperti merandang ini dapat terjaga dan selalu lestari sampai kapanpun.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

"School of Randang merupakan sebuah sarana dan wadah untuk siswa dan siswi agar dapat mempelajari tentang marandang. Alhamdulillah hari ini diikuti oleh sebanyak 100 pelajar mulai dari SD sampai SMA se- Kota Payakumbuh dan kegiatan School of Randang ini baru pertama kali dilangsungkan," kata Erwin Yunaz .

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan bekal ilmu pengetahuan yang akan anak-anak ini dapatkan dari kegiatan School of Randang . Untuk itu ia berharap pelajar yang mengikuti kegiatan ini memiliki ilmu tentang marandang dengan baik dan benar karena nantinya akan melanjutkan dan menjaga kearifan lokal dalam marandang ini.

baca juga: Sidak ke Pasar Payakumbuh, Wali Kota Riza Falepi Minta Warga Patuhi Prokes

Menurutnya kegiatan School of Randang ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan Sentra Industri Randang Kota Payakumbuh kepada seluruh pelajar Kota Payakumbuh karena ini merupakan satu-satunya sentra industri Randang yang ada di wilayah Sumatra Barat.

"Untuk sentra industri randang kota Payakumbuh ini tentunya sudah memiliki semua sertifikasi halal, sehingga baik mulai dari awal pengolahan sampai pengemasan sentra industri Randang ini sudah dijamin kualitasnya. Tentunya dengan sertifikasi ini, hasil produksi dari sentra randang kota Payakumbuh tidak hanya dipasarkan di tingkat lokal saja, akan tetapi sampai ke pasar mancanegara juga", ujarnya.

baca juga: IKESMA Peduli, Alumni SMAN 1 Payakumbuh Salurkan Bantuan 500 Sembako Bersama Wawako Erwin Yunaz

Sebagai Wakil Wali Kota, Erwin Yunaz mengimbau serta mengajak seluruh yang hadir untuk dapat menyebarluaskan kearifan lokal masakan tradisional Randang kepada semuanya. Sebab melalui generasi penerus inilah tempat generasi muda menyerahkan bekal ilmu pengetahuan marandang ini, agar kearifan lokal marandang ini dapat disebarluaskan oleh generasi penerus nantinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Industri kota Payakumbuh Wal Asri pada kesempatan tersebut juga turut menyampaikan bahwa kegiatan School of Randang ini juga merupakan agenda kegiatan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Kemudian diharapkan para generasi penerus ini dapat selalu meningkatkan karya dan inovasi dalam ilmu marandang, sehingga dengan lebih mengeksplorasi kemampuan yang ada, tentu akan dapat menjadi sebuah ilmu baru yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi generasi penerus.

baca juga: Jelang Lebaran, Tim KRYD dan Tim 7 Pemko Tingkatkan Razia Prokes dan Perda di Payakumbuh

"Semoga setelah kegiatan ini dilangsungkan, semua siswa/siswi yang mengikuti kegitan School of Randang ini nantinya dapat melaksanakan praktek langsung dalam mengolah dan memasak Randang pada bulan suci Ramadhan ini", kata Wal Asri.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah