Pemko Padang Panjang Akan Pangkas Jalur Birokrasi

Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra
Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra (DirgaR)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang - Sumbar terus berupaya menyederhanakan sistem birokrasi pemerintahan. Dalam hal ini, Pemko akan melakukan identifikasi serta pemetaan jabatan.

Sekda Kota Padang Panjang Sonny BP, mengatakan penyederhanaan birokrasi tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Dalam Negeri No. 130/1970/OTDA, terkait penyederhanaan birokrasi pada jabatan administratif di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten dan kota.

baca juga: Lebaran, Tiga Pasien Covid di Padang Panjang Meninggal Dunia

"Penyederhanaan birokrasi ini dalam bentuk memangkas, memperpendek jalur birokrasi yang panjang. Ide dasarnya itu memangkas perizinan, pelayanan publik dan yang lainnya," ungkapnya.

Lewat penyederhanaan birokrasi ini, lanjut Sonny, membuka peluang PNS berkarir secara profesional. "Ke depan PNS bekerja secara profesional sesuai dengan keahlian. Kalau kinerjanya baik, peluang naik pangkat terbuka lebar. Kalau kinerjanya biasa saja, tentu tidak akan berkembang," tuturnya.

baca juga: Amankan Libur Lebaran dan Jaga Prokes, Puluhan Personel Satpol PP Ditugaskan 24 Jam

Menyikapi hal tersebut, Sonny menegaskan seluruh OPD melakukan identifikasi dan pemetaan, serta pendampingan oleh Bagian Organisasi. "Bila terjadi kendala, tolong dikomunikasikan segera," ujarnya.

Kabag Organisasi Setdako Novi Yanti, mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Mendagri ini, ada lima kriteria jabatan yang disederhanakan atau dialihkan ke fungsional.

baca juga: Utamakan Kualitas Pelayanan , Disdukcapil Padang Panjang Rancang Strategi Pengurusan Adminduk

Lima kriteria itu di antaranya, analisis dan penyiapan bahan atau kebijakan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi kebijakan, pelayanan teknis fungsional, pelaksanaan tugas yang memiliki kesesuaian dengan jabatan fungsional, serta pelaksanaan tugas teknis tertentu dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan.

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi