Antisipasi Terjadinya Inflasi, Ini yang Dilakukan Pemko Padang Panjang

Rapat Koordinasi Tiga OPD Siap Kendalikan Inflasi
Rapat Koordinasi Tiga OPD Siap Kendalikan Inflasi (DirgaR)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Mengantisipasi terjadinya inflasi di Kota Padang Panjang , Pemerintah melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperdagkop) bakal melakukan pengawasan harga.

Menurut Kabag Perekonomian Setdako, Putra Dewangga, pengawasan salah satu cara dalam mengantisipasi terjadinya inflasi .

"Ada tiga OPD seperti Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Disperdagkop UKM dan Diskominfo turut dilibatkan," ujar Putra.

baca juga: Utamakan Kualitas Pelayanan , Disdukcapil Padang Panjang Rancang Strategi Pengurusan Adminduk

Putra Dewangga menyampaikan, OPD yang terlibat memiliki peranan penting dalam memantau dua kategori harga yaitu harga ditingkat produsen dan harga di tingkat konsumen. Kemudian, Disperdagkop UKM melakukan pendataan harga pasar setiap hari.

"Dua sumber data ini akan dibuatkan aplikasinya oleh Diskominfo dengan formulasinya. Sehingga muncul satu informasi dari dua sumber OPD tadi. Nanti Diskominfo melalui aplikasi itu menginformasikan kepada masyarakat," ungkap Putra.

baca juga: Baznas Padang Panjang Distribusikan Zakat Peduli Tenaga THL dan Honorer

Dikatakannya lagi, kegiatan ini diinstruksikan khusus oleh walikota untuk memantau secara intensif harga di tengah masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran.

Diskominfo diminta terus melakukan penyempurnaan informasi yang tampil di aplikasi 'Uda Jang' yang masih harian. "Kita ingin ada otomatisasi nya, sehingga dari kumpulan hariannya itu ada mingguan dan bulanan. Langsung keluar grafik mingguan dan setelah satu bulan langsung pula keluar grafik bulanan," ujarnya.

baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid, PPKM Skala Mikro di Padang Panjang Diperketat

Dengan demikian, Putra mengatakan masyarakat secara umum bisa tahu perkembangan dari hari ke hari, minggu ke minggu.

Seiring itu, masyarakat juga bisa berkomunikasi dengan Pemko jika terjadi lonjakan harga. Menyikapi hal itu Disperdagkop akan mempersiapkan langkah-langkah bila terjadi lonjakan harga yang tidak normal.

baca juga: Aksi Kemanusian Allex Saputra Bagikan Ratusan Sembako Ke Rumah Warga

"Sebagai informasi juga bagi masyarakat untuk mengantisipasi diri dan untuk dilaporkan secara bertingkat ke provinsi maupun ke pusat," tuturnya

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi