Pemko Padang Berharap Sandera Abu Sayyaf Bebas

Forum anak nagari Pauh melakukan zikir dan doa bersama untuk keselamatan ABK asal Padang Wendi Rakhadian
Forum anak nagari Pauh melakukan zikir dan doa bersama untuk keselamatan ABK asal Padang Wendi Rakhadian (KLIKPOSITIF/ Andesta Herly)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang menaruh harapan besar pada upaya diplomasi yang dilakukan pemerintah dalam pembebasan sandera Abu Sayyaf.

"Kita menaruh harapan besar dalam upaya pembebasan ini," ungkap Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi usai menggelar dzikir dan doa bersama masyarakat di Mesjid Jami', Pasar Ambacang, Kamis (14/4).

baca juga: Terungkap, Awal Mula Syekh Ali Jaber Putuskan Jadi WNI

Menurutnya, pemerintah Indonesia dan perusahaan ABK masih terus berupaya membebaskan kesepuluh WNI . "Pemerintah telah berusaha melakukan diplomasi. Tapi pemerintah, masih menunggu proses hingga tahap akhir," ungkapnya.

Ia berharap, dzikir dan doa bisa menjadi penolong bagi keselamatan para sandera. "Ini kepedulian terhadap sesama yang perlu ditumbuhkan dengan baik," ungkapnya.

baca juga: WNI Dilarang Masuk 59 Negara, DPR: Ini PR Pemerintah

Lebih lanjut, Emzalmi menyampaikan, Pemko Padang mendukung dan menunggu hasil akhir dari upaya yang dilakukan pemerintah pusat. "Karena ini urusan negara maka tentu ini diserahkan kepada pemerintah (pusat). Kita berharap diplomasi berjalan baik," tuturnya.

Sebelumnya, salah seorang ABK asal Padang,  disandera militan Abu Sayyaf akhir Maret lalu. Pihak sandera meminta tebusan sebesar 15 miliar rupiah. Hingga saat ini, pemerintah Indonesia masih menunggu sikap pemerintah Filipina dalam upaya pembebasan.

baca juga: Tanpa Buang Peluru, Indonesia Bebaskan WNI yang Diculik

[Andesta Herly]

Penulis: Fitria Marlina