Tahun Ini, Ratusan SMKN 1 Sutera Berhasil Masuk PTN Unggul Lewat Tiga Jalur Seleksi Nasional

SMKN 1 Sutera Pessel
SMKN 1 Sutera Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Lewat tiga jalur seleksi nasional, seratusan siswa kelas XII SMKN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat berhasil masuk di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggul tahun ini.

Kepala SMKN 1 Sutera, Lili Suryati mengungkapkan, tingkat kelulusan siswa di SMKN 1 Sutera masuk PTN dengan seleksi nasional tahun ini capai 75 persen, dan itu dilakukan melalui bimbingan dari sekolah sebelum siswa mengikuti seleksi.

baca juga: Bupati Pessel Bolehkan Salat Ied di Masjid dan Lapangan, Kecuali di Nagari Zona Merah

Dengan hasil bimbingan yang dilakukan itu, tahun 2021 SMKN 1 Sutera kembali berhasil mengantarkan 165 siswa dari 217 siswa masuk perguruan tinggi negeri ternama baik dalam, maupun luar Sumbar. Padahalnya, 2020 hanya capai 56 orang dari total ratusan siswa.

"Sangat jauh meningkat dari tahun lalu. Rata-rata tahun ini siswa yang kita daftarkan hampir lulus sesuai dengan jurusan yang dipilih. Itu jumlahnya capai 75 persen," ungkapnya, Rabu 14 April 2021.

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

Ia menerangkan, dari total siswa kelas XII, sebanyak 165 siswa dari SMKN 1 Sutera lulus berdasarkan jurusan yang dipilihnya, diantaranya lulus 23 siswa melalui SNMPTN.

Lalu melalui jalur SNMPN (Politeknik) sebanyak 52 orang dan SPAN PTKIN sebanyak 137 orang. Dari tiga jalur itu, sebanyak 93 orang dengan dua jurusan berbeda di PTN berbeda.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

"Kebanyakan memang di Universitas ternama di Kota Padang dan Bukittinggi. Tapi untuk sebarannya hampir seluruh Indonesia. Tapi yang belum ada sampai sekarang ini di UI dan ITB, kita harap tahun depan ada," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi