Belasan Keltan di Agam Terima Bantuan 7 Ton Benih Bawang Putih dari Pemerintah

Bantuan benih bawang putih dari pemerintah pusat
Bantuan benih bawang putih dari pemerintah pusat (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Sebanyak 13 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Agam menerima bantuan benih bawang putih dari Direktorat Perbenihan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam , Ir. Arif Restu melalui Kepala Bidang Holtikultura menyebut bantuan tersebut dalam rangka pengembangan perbenihan holtikultura, pengembangan kawasan dan sosialisasi keunggulan varietas dalam negeri.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

"Bantuan benih ini langsung dari pusat, Kabupaten Agam menjadi salah satu daerah yang mendapat bantuan untuk disalurkan ke masyarakat," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/4).

Disebutkan lebih lanjut, bantuan benih sebanyak 7 ton itu disebarkan ke masyarakat yang tergabung di 13 keltan di dua kecamatan.

baca juga: Jumlah Pemotongan Sapi di Agam Diprediksi Menurun

"Di Kecamatan Matur sebanyak 8 hektar, Tilatang Kamang 2 hektar, total semua 10 hektar, per hektarnya 700 kilogram benih," sebutnya.

Benih yang didistribusikan, imbuhnya, merupakan variates Lumbu Hijau. Dikatakan, varietas Lumbu Hijau sangat cocok dikembangkan di daerah dataran tinggi.

baca juga: Pemkab Agam Salurkan Dana Insentif ke Guru TPA

"Pendistribusiannya sudah rampung 100 persen pada Selasa lalu," ucapnya.

Ditambahkan, dengan bantuan yang diberikan tersebut, masyarakat penerima diharapkan dapat membudidayakannya dengan maksimal.

baca juga: Waspada Pandemi, Objek Wisata di Agam Tutup Saat Libur Lebaran

"Sehingga apa yang diharapkan pemerintah pusat dapat diwujudkan, dan pengembangan daerah holtikultura khususnya bawang putih di Agam secara khusus dan Sumbar secara umum dapat tercapai," ujarnya. (AMC)

Editor: Rezka Delpiera