Kasus Positif COVID-19 Kembali Meningkat di Sumbar, Ini Komentar Jubir Satgas

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Terhitung sepekan terakhir, angka positivity rate atau angka positif baru Covid -19 di Sumatera Barat kembali meningkat.

Hal tersebut diduga karena semakin longgarnya pengawasan dan abainya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid -19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan, beberapa hari terakhir terjadi kecenderungan kenaikan angka positif Covid -19 di Sumbar .

"Ratusan orang kembali ditemukan positif Covid -19 setelah dilakukan pemeriksaan test swab," katanya.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

Menurutnya, sejak sepekan terakhir persentase positivity rate Covid -19 Sumatera Barat berkisar diatas 7 persen, bahkan pernah diatas 10 persen.

"Kondisi ini menandakan semakin abainya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid -19 dalam keseharian," lanjutnya.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Tidak hanya Protokol Kesehatan. Menurutnya, pengawasan yang dilakukan kabupaten/kota di Sumatera Barat dinilai semakin longgar.

"Saat ini kecenderungan daerah tidak lagi mengikuti status zonasi penyebaran Covid -19 di daerah masing-masing," katanya.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Menurutnya, saat ini berbagai kegiatan dan keramaian telah dibiarkan kembali tanpa adanya pengawasan yang ketat seperti tahun lalu.

"Berdasarkan data terakhir pada Jumat 16 April 2021, terdapat penambahan 169 orang yang positif Covid -19," katanya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi