Seratusan Tokoh Tanah Air Dukung BPOM Stop Uji Vaksin Nusantara

Mantan Menteri Kesehatan Terawan menyuntikkan vaksin nusantara
Mantan Menteri Kesehatan Terawan menyuntikkan vaksin nusantara (net)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 105 tokoh dari beragam kalangan menyatakan sikap mendukung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM0, yang tak memberikan izin atas uji klinis fase 2 vaksin Nusantara.

Izin itu tak diberikan BPOM karena menilai tim pengembang vaksin besutan eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu tak memenuhi standar uji klinis tahap 1.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

Ratusan orang yang terdiri dari dokter, ilmuwan, epidemiolog, mantan menteri, eks pejabat, jurnalis, budayawan, aktivis, musikus, sutradara, hingga sastrawan menyatakan sikap mendukung keputusan BPOM tersebut.

"Kita punya Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. Kami, yang nama-namanya tercantum di bawah ini, bersikap berpegang pada pendirian BPOM yang merupakan badan resmi di Indonesia dan bekerja berdasarkan prosedur-prosedur, disiplin, dan integritas ilmiah," kata Anggota Transparency International Indonesia (TII) Natalia Soebagjo dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (17/4/2021) dilansir dari Suara.com.

"Mereka yang bekerja di BPOM telah membuktikan diri sebagai patriot tanpa banyak retorika, teguh menghadapi tekanan dari mana saja. Kami, warga Republik, berdiri bersama mereka. Setiap penelitian dan pengembangan vaksin dan obat, kami hargai sebagai ikhtiar membuka kemungkinan baru melawan pandemi . Tentu dengan tetap mengindahkan asas-asas ilmiah.

baca juga: Umar Patek Terima Remisi Lebaran: Alhamdulillah

Mari kita ingat bahwa hidup mati jutaan rakyat adalah taruhannya," begitu bunyi pernyataan bersama para tokoh tersebut.

Editor: Ramadhani