Jelang Lebaran, Menkes Minta Vaksin Lansia Diprioritaskan

Vaksin
Vaksin (net)

KLIKPOSITIF - Jelang lebaran , Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia) . Hari Raya Idul Fitri 1442 H diperkirakan jatuh pada pertengahan Mei 2021.

Budi menyebut lansia adalah kelompok rentan bergejala parah hingga kematian jika terinfeksi Covid-19, sehingga diupayakan harus terlindungi ketika momen lebaran nanti. "Penting juga diingat pada saat ramadan kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orang tuanya sangat tinggi, jadi tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan kepada para lansia sehingga para senior kita ini bisa kita lindungi kalau nanti dikunjungi keluarganya mereka sudah relatif imunitasnya lebih baik," kata Budi di Bandara Soetta, Minggu (18/4/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Identik dengan Busana Branded, Gamis Nagita Slavina Bibanderol dengan Harga Terjangkau Cocok Untuk Lebaran

Dia juga mengingatkan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa saat ramadan .

"Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, kepala daerah, gubernur, bupati, walikota, terus jalankan program vaksinasi, MUI sudah bilang vaksinasi tidak membatalkan puasa," tegasnya.

baca juga: Sambut Lebaran, Ingat Makan Berlebihan Bisa Picu 6 Masalah Kesehatan Ini

Pemerintah sudah menyuntikkan ke masyarakat sebanyak 16.715.891 dosis vaksin yang dibagi menjadi 10.815.649 dosis pertama dan 5.900.242 dosis kedua.

Sementara jumlah lansia yang sudah divaksin termasuk sedikit, baru 2.201.855 lansia yang mendapat dosis pertama, dan 932.524 lansia yang sudah menuntaskan vaksin , padahal jumlah sasarannya 21.553.118 orang lansia.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Editor: Ramadhani