Kasus Positif COVID-19 di Padang Kembali Meningkat, Dinkes Ungkap Penyebabnya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kasus positif COVID-19 di Kota Padang kembali meningkat. Hal tersebut diduga karena mulai abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Peningkatan kasus positif sudah mulai sejak awal April ini, karena sebagian besar masyarakat kita sudah abai dengan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani Hamid, Minggu 18 April 2021.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Berdasarkan data yang diperoleh, lonjakan kenaikan kasus positif di bulan April terjadi pada tanggal 8 lalu dengan jumlah positif sebanyak 91 orang.

"Pada tanggal 14 April, sebanyak 74 orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Padang dan tanggal 16 April, ditambah 69 orang lagi," lanjutnya.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena lengahnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang merupakan pertahanan utama untuk menghadapi COVID-19.

Kelengahan penerapan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak, terlihat di sejumlah tempat. Diantaranya di perkantoran, dan fasum lainnya.

baca juga: Hari Ini 72 Orang Positif COVID-19 di Tanah Datar, 30 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

"Dengan diizinkannya salat tarawih dan pesantren Ramadan pada tahun ini, banyak yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan," lanjutnya,

Dengan keadaan tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengenakan masker begitu keluar rumah atau berada di keramaian serta area publik. Terus menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

baca juga: SE Gubernur Sumbar: Objek Wisata di Zona Kuning Boleh Dibuka Saat Libur Lebaran

"Jika sakit, jangan ke kantor, masjid, musala, atau bepergian ke tempat umum," imbaunya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera