Soa Vaksin Nusantara, TNI Sebut Bukan Program TNI

Vaksin nusantara
Vaksin nusantara (net)

KLIKPOSITIF - Polemik tentang Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus bergulir.Meski dikerjakan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad itu bukan program TNI

Dia mengatakan RSPAD hanya menyediakan sejumlah peralatan dan tim medis yang membantu penelitian Vaksin Nusantara . "Program Vaksin Nusantara bukanlah program dari TNI," kata Mayjen Achmad saat jumpa pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021) dilansir dari Suara.com.Namun dia menyebut pihaknya akan mendukung penelitian vaksin nusantara yang dianggap sebagai karya inovasi anak bangsa dan tetap mengikuti aturan pemerintah terkait keamanan obat. "TNI akan selalu mendukungnya dengan catatan telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga harus ada 3 kriteria yaitu keamanan, efikasi, dan kelayakannya," ucapnya.

baca juga: Identik dengan Busana Branded, Gamis Nagita Slavina Bibanderol dengan Harga Terjangkau Cocok Untuk Lebaran

Sebelumnya, BPOM merekomendasikan Vaksin Nusantara belum bisa melanjutkan ke tahap uji klinis fase II dan menghentikan sementara proses pengembangan vaksin dan kembali ke fase pra-klinik dengan melengkapi prosedur saintifik yang baik dan benar.

BPOM dalam temuannya menyatakan bahwa Vaksin Nusantara belum memenuhi Cara Pengolahan Yang Baik (Good Manufacturing Practices/GMP), Praktik Laboratorium yang Baik (Good Laboratory Practice/GLP), dan konsepnya belum jelas; terapi atau vaksin . Rekomendasi ini tidak digubris oleh tim peneliti Vaksin Nusantara , Terawan bersama timnya tetap melanjutkan uji klinis fase II dengan sejumlah tokoh politik dari DPR RI, beberapa artis, dan tentara yang menjadi relawannya.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Sejumlah nama seperti Aburizal Bakrie, Gatot Nurmantyo, Siti Fadillah, Melki Leka Lena, Saleh Daulay, Sufmi Dasco Ahmad, hingga Anang dan Ashanti turut menyerahkan sampel darahnya untuk jadi relawan Vaksin Nusantara .

Editor: Ramadhani