Bupati Tanah Datar Ungkap Penyebab Rendahnya Realisasi Anggaran Triwulan I

Bupati Eka dan Wabup Richi memimpin rapat evaluasi anggaran
Bupati Eka dan Wabup Richi memimpin rapat evaluasi anggaran (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Realisasi anggaran daerah Pemkab Tanah Datar pada triwulan I masih rendah yakni sebesar Rp89,719 miliar lebih atau 6,65 persen.

"Secara umum realisasi belanja masih kecil. Kondisi akhir Maret, diperoleh angka komulatif realisasi keuangan baru mencapai 6,65 persen," ucap Bupati Tanah Datar Eka Putra saat memimpin rapat evaluasi kegiatan bersama pimpinan OPD di Pagaruyung, Senin 19 April 2021.

baca juga: Hari ini 9 Orang Positif COVID-19, TP-PKK Tanah Datar Bagikan Masker Pada Warga

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Richi Aprian mrngatakan, masih rendahnya serapan anggaran triwulan I tersebut akibat kegiatan bertepatan dengan Bulan Ramadan 1442 Hijriah dan masuk tahun kedua pandemi COVID-19.

Selain itu, jelas bupati, disebabkan adanya perubahan regulasi keuangan daerah dari SIMDA ke SIPD yang memakai sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) namun masih ditemui berbagai kendala dalam penggunaannya.

baca juga: Serius Hadapi COVID-19, Ini Upaya Penanganan yang Dilakukan Pemkab Tanah Datar

Untuk itu, Bupati mengharapkan pimpinan OPD segera melaporkan seluruh kegiatan di unit masing-masing secara tertib dan tepat waktu, baik itu kegiatan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Khusus untuk OPD yang mengelola kegiatan bersumber pada DAK agar melakukan pelaporan kegiatannya, karena keberhasilan pelaksanaan program sangat mempengaruhi tahapan pencairan dana DAK dari pusat," tutur Eka.

baca juga: Hari Ini 46 Warga Positif COVID-19 di Tanah Datar, 7 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan dalam menggunakan anggaran tetap berhati-hati dan memahami regulasi sebelum melaksanakan kegiatan.

"Khusus OPD yang mengelola kegiatan yang bersumber dari DAK guna mendukung pemulihan ekonomi pengutamaan metode padat karya," tutur Richi. (*)

baca juga: TP-PKK Tanah Datar Salurkan Bantuan Emersia Grup Pada Warga yang Membutuhkan

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera