Hari Ini 10 Pasien COVID-19 di Agam Dinyatakan Sembuh

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam, Drs. Martias Wanto
Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam, Drs. Martias Wanto (Klikpositif)

AGAM , KLIKPOSITIF - Setelah menjalani perawatan dan isolasi selama dua pekan, sebanyak 10 pasien COVID-19 di Kabupaten Agam dinyatakan sembuh, Senin (19/4).

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam , Drs. Martias Wanto Dt. Maruhun merilis, total pasien sembuh COVID-19 di daerah itu mencapai 2.088 dengan persentase 92,38 persen.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

"Jumlah pasien yang dinyatakn sembuh hari ini bertambah sebanyak 10 orang," ujarnya dilansir dari AMC.

Mereka yang sembuh masing-masing merupakan pasien asal Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 4 orang, dan Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 6 orang.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

Menurutnya, kunci kesembuhan COVID-19 terletak pada disiplin atau tidak seorang pasien selama menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Sementara itu, Senin ini tidak ada penambahan kasus baru terkonfirmasi COVID-19. Total kasus positif COVID-19 sampai hari ini sebanyak 2.260 orang.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Lebih lanjut disampaikan, saat ini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan tercatat sebanyak 129 orang, dengan rincian 38 orang dirawat di rumah sakit, 91 orang menjalani isolasi mandiri.

"Kasus suspek saat ini sebanyak 20 kasus, sedangkan kasus kontak erat sebanyak 33 orang," rincinya.

baca juga: Dokter India Temukan Adanya Infeksi Jamur Hitam pada Pasien Corona

Pihaknya juga mewanti-wanti masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pihaknya optimis kasus warga terkonfirmasi COVID-19 akan mengalami penurunan jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Kembali lagi kami tegaskan, kuncinya adalah kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, kasus warga terkonfirmasi akan dapat ditekan," ujarnya.

Editor: Rezka Delpiera