Ini Pelajar yang Mengikuti Pesantren Ramadhan di Kota Pariaman

Ilustrasi/ siswa di sekolah
Ilustrasi/ siswa di sekolah (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman , telah melaksanakan pesantren Ramadhan untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota tersebut.

Kepala Disdikpora Kota Pariaman , Kanderi mengatakan bahwa pesantren Ramadhan berguna untuk pembinaan akhlak dan peningkatan hafalan peserta didik.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

"Jadi, pesantren Ramadhan dilaksanakan di sekolah siswa dari minggu kedua dan ketiga bulan puasa. Siswa yang menjadi peserta pada pesantren ramadhan tersebut yaitu untuk SD kelas 3, 4, 5 dan 6 sedangkan untuk SMP 7,8, dan 9," ungkap Kanderi, Selasa 20 April 2021.

Dikatannya juga, pesantren Ramadhan dimulai dari pagi hingga sekitar pukul 10.00-an dan diharapkan ditutup dengan pelaksanaan shalat dhuha. "Tidak lama-lama hanya sekitar dua jam," ulas Kanderi.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Untuk diketahui juga, alasan pihaknya memilih pelaksanaan pesantren ramadhan di sekolah dari pada di masjid karena pertimbangan banyak hal di antaranya terkait biaya ke lokasi.

"Selain biaya yang dikeluarkan bertambah, untuk mengatur siswa lebih mudah di sekolah ketimbang aktivitas di masjid," sebut Kanderi.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Diketahui juga, selama pesantren Ramadhan pihak pemerintah menerapkan protokol kesehatan serta menetapkan Senin, Selasa, Rabu untuk siswa perempuan dan Kamis, Jumat, dan Sabtu untuk siswa laki-laki.

Kanderi berharap, semoga kegiatan pesantren Ramadhan bisa menjadi wadah untuk memperbaiki akhlak dan meningkatkan hafalan Al-Quran para siswa.

baca juga: 5 Tanda Manusia Sukses Lewati Ujian Bulan Ramadhan

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri