Bersama Pertamina, Puluhan UMKM Randang Kota Payakumbuh Go Digital

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar, I Made Wira Pramarta saat Workshop UMKM Randang Go Digital dan Penyerahan Bantuan Bright Gas
Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar, I Made Wira Pramarta saat Workshop UMKM Randang Go Digital dan Penyerahan Bantuan Bright Gas (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sebanyak 40 pelaku UMKM Randang di Kota Payakumbuh ikuti Workshop Go Digital, Selasa 20 April 2021 di Sentra IKM Rendang Payakumbuh . Kegiatan ini merupakan kerjasama Pertamina dengan Pemko Payakumbuh untuk memanjukan UMKM di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan kota Randang.

Selain menggelar workshop UMKM Randang Go Digital, juga dilakukan penyerahan bantuan Bright Gas dan Live Cooking Randang bersama Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar I Made Wira Pramarta. Dalam kesempatan tersebut, Wawako berharap kerjasama pemerintah dengan pertamina dapat membuat perubahan pola pembinaan terhadap pelaku UMKM di Payakumbuh , khususnya Randang.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

"Dengan support yang baik dari Pertamina maka nantinya diharapkan dapat membantu perkembangan perekonomian masyarakat. Kemudian kegiatan ini juga masuk dalam rangkaian kegiatan Marandang Dunia yang direncanakan akan diikuti oleh sebanyak 30 negara termasuk Indonesia," kata Erwin Yunaz.

Menurutnya, dengan penggunaan Bright Gas ini ke depannya dapat menjaga alam dan membantu pemerintah dalam program melahirkan masyarakat mandiri. Kemudian produk non subsidi ini juga diharapkan dipakai sepenuhnya oleh masyarakat.

baca juga: Kuota Premium dan Solar Subsidi Sumbar Bertambah, Pengamat: Bukti Kerja Nyata Andre Rosiade

Sementara itu, Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar I Made Wira Pramarta menambahkan bahwa penggunaan bahan bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) lebih praktis dan ekonomis dibanding minyak tanah. Kemudian pihaknya pun juga melakukan sosialisasi dan edukasi bagi UMKM dan masyarakat mengenai bentuk energi yang lebih praktis, aman dan ramah lingkungan di skala rumah tangga berbentuk LPG atau penggunaan Bright Gas.

"Diimbau masyarakat untuk menggunakan produk yang tidak disubsisi negara yaitu menggunakan Bright Gas dengan ukuran tabung 5,5kg dan tabung 12 kg. Dengan menggunakan Bright Gas usaha Insya Allah akan semakin sukses dan Program UMKM Go Digital bersama Pemko Payakumbuh dan Pertamina ini merupakan program yang sangat dinanti," ujarnya.

baca juga: RUU Daerah Kepulauan Jadi Kebutuhan Mendesak Masyarakat Kepulauan

Sebab menurutnya Pertamina khususnya produk Bright Gas bisa ikut dalam kampanye Marandang Dunia yang menjadi salah satu program dari Pemko Payakumbuh bersama Wakil Wali Kota Erwin Yunaz. Sehingga ke depannya Energi dari Bright Gas ini ke depannya juga dapat menyukseskan program tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat seharusnya tidak memakai gas melon yang disubsidi negara dan beralih menggunakan LPG Pink. Besok insya Allah akan kami serahkan bantuan Bright Gas bersama Kadisnakerin dan Pertamina SAM Sumbar I," katanya.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri