Workshop Lomba Video Kreatif Antar Desa di Pariaman Dibuka

Pembukaan lomba
Pembukaan lomba (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Workshop Lomba Video Keatif antar Desa/Kelurahan di Kecamatan Pariaman Utara, yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman -Sumbar dibuka.

Workshop Lomba Video Kreatif di Kecamatan Pariaman Utara itu adalah yang pertama dari 4 Kecamatan yang ada di Kota Pariaman .

baca juga: Ini Imbauan Satlantas Pariaman Terkait Pawai Takbiran di Pariaman

Lomba Video Kreatif ini adalah kali yang kedua dilaksanakan, setelah sebelumnya pada Tahun 2020 lalu sukses digelar untuk yang pertama kalinya.

"Lomba Video Kreatif kali ini mengusung tema "Seni dan Budaya", dimana setiap Desa dan Kelurahan nantinya akan memvisualisasikan potensi yang mereka miliki dalam bidang seni dan budaya, tidak terlepas juga akan keindahan dan keunikan yang ada di Desa/Kelurahan masing-masing," tukasya.

baca juga: Genius Rangkul Tokoh Adat untuk Sosialisasikan Bahaya Covid-19

"Gali segala potensi yang kita punya, tunjukan kepada dunia akan keindahan yang ada di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman , karena berdasarkan Lomba Video Kreatif tahun lalu, sangat banyak orang luar yang melihat di dunia maya, bahkan ada yang mencapai 1 juta lebih, yang secara tidak langsung juga mempromosikan Kota Pariaman keluar," ujarnya menambahkan.

Hendri juga mengharapkan agar video yang digarap nantinya, benar-benar mempunyai nilai jual dan menarik, dan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia, sehingga karya tersebut nantinya dapat dipakai sebagai ajang promosi daerah, baik untuk menggaet investor maupun untuk kunjungan wisata, tuturnya mengakhiri.

baca juga: Kota Pariaman Terbaik Pertama Penanganan Covid-19 di Sumbar

Kadis Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Pariaman , Dwi Marhen Yono, selaku pelaksana teknis kegiatan mengatakan, lomba video kreatif ini bertujuan untuk memperkenalkan lagi seni dan budaya yang ada di seluruh desa dan kelurahan di Kota Pariaman .

Ajang ini juga mempunyai hadiah yang sangat menarik, dimana untuk yang menang juara pertama, akan mendapatkan hadiah liburan ke Lombok, dan yang masuk ke dalam kategori 15 besar nantinya, akan mendapat tabanas sebesar Rp. 1 juta rupiah," ulasnya lebih lanjut.

baca juga: Bank Nagari Berikan Ratusan Paket Sembako untuk Pelaku Usaha Mikro di Pariaman

"Selain itu, durasi video juga dibatasi 3 menit, lebih dan kurangnya hanya boleh 2 detik saja. Selain itu, untuk upload, di tahun ini, kita hanya untuk Youtube saja, tidak lagi di 3 media sosial seperti kemaren (FB, IG dan Youtube), dan juga video harus memuat unsur CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability)," katanya.

Hadir juga dalam acara ini Camat Pariaman Utara, Ahadi Nugraha dan jajaran, serta koordinator Pendamping Desa, Apriyaldi dan 16 Pendamping Desa yang ada di Kecamatan Pariaman Utara.

Penulis: Rehasa | Editor: Khadijah