Tambah Empat Orang Lansia Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Pemkab Ajak Warga Bersedia di Vaksin

Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Kasus konfirmasi Positif COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar bertambah sebanyak 7 orang, empat orang diantaranya kategori lanjut usia (lansia).

"Kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah 11 orang dan 4 orang diantaranya kategori lanjut usia, sementara pasien sembuh sebanyak 4 orang," ucap Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Selasa 20 April 2021.

baca juga: Sambut Lebaran, Ingat Makan Berlebihan Bisa Picu 6 Masalah Kesehatan Ini

Ia mengatakan 4 warga lansia yang terpapar virus Korona adalah Laki-laki, usia 62 tahun, Petani, domisili di Kecamatan Lintau Buo, Perempuan, usia 60 tahun, petani, domisili di Kecamayan Limo Kaum, Laki-laki, usia 59 tahun, Petani, domisili di Kecamatan Sungai Tarab, dan Perempuan, usia 81 tahun, pensiunan ASN, domisili di Kecamatan X Koto.

Kemudia tiga warga lainnya yang terkonfirmasi COVID-19 adalah Perempuan, usia 55 tahun, ASN, domisili di Kecamatan Limo Kaum, Laki-laki, usia 26 tahun, mahasiswa, domisili di Kecamatan Limo Kaum, dan Perempuan, usia 22 tahun, mahasiswi, domisl di Kecamatan Limo Kaum.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Ia mengharapkan masyarakat terutama kaum Lansia bersedia disuntik vakain. Semakin cepat disuntik vaksin, semakin cepat kekebalan tubuh terbentuk, juga semakin cepat Tanah Datar terbebas dari pandemi COVID-19.

Roza menjelaskan data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 15.00 Wib adalah sebanyak 1.353 orang yang terdiri dari 2 orang dirawat di RS Unand Padang, 2 orang dirawat di RSOMH Bukittinggi, 1 orang dirawat di RSU Bunda BMC Padang, 1 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, 3 orang dirawat di RS Ibnu Sina Padang Panjang, 2 orang dirawat di RSUD Padang Panjang.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

Kemudian, 8 orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar, 2 orang dirawat di RS Ibnu Sina Bukittinggi, 4 orang isolasi RSUD Padang Panjang, 85 orang isolasi mandiri, 1.193 orang sudah sembuh, 46 orang meninggal dunia, suspek 22 orang, dan probable 3 orang.

"Kita terus mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan 3 M, memmemakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat beraktifitas," tutur Roza. (*)

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri