Datangi Mapolda, Ini yang Diberikan Ketua AJI Padang Kepada Kapolda Sumbar

Ketua AJI Padang Aidil Ichlas bersama Ketua Bidang Advokasi dan Ketenagakerjaan AJI Padang Yose Hendra bersama Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto dan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto
Ketua AJI Padang Aidil Ichlas bersama Ketua Bidang Advokasi dan Ketenagakerjaan AJI Padang Yose Hendra bersama Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto dan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF -Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) Padang temui Kapolda Sumatera Barat ( Sumbar ), Irjen Toni Harmanto di Mapolda Sumbar , Selasa 20 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua AJI Padang Aidil Ichlas mengatakan bahwa sejumlah kasus kekerasan yang dialami jurnalis di berbagai daerah di Indonesia, termasuk kasus penganiayaan yang dialami oleh Jurnalis Tempo, Nurhadi diduga juga melibatkan sejumlah oknum aparat.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Selain itu, Aidil menambahkan bahwa kasus-kasus kekerasan dan pembunuhan terhadap jurnalis yang hingga kini juga banyak yang belum tuntas, seperti kasus Udin.

"Kita berharap kejadian seperti itu tidak terjadi di Sumatera Barat," kata Aidil kepada Kapolda Sumbar didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, serta Ketua Bidang Advokasi dan Ketenagakerjaan AJI Padang Yose Hendra.

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Ia menambahkan bahwa AJI Padang mendorong agar Polda Sumbar dan jajarannya bisa menerapkan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dewan Pers dan Polri, tahun 2017 tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan.

Dalam pertemuan ini, Ketua AJI Padang juga menyerahkan cetakan MoU tersebut kepada Kapolda Sumbar , beserta buku saku wartawan yang memuat Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, agar polisi lebih memahami seperti apa jurnalis profesional bekerja.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Petugas Perbatasan Tegas Cegat Pemudik

"Kita berharap agar Polda Sumbar selalu menjaga agar tidak terjadi tindak kekerasan terhadap jurnalis di Sumbar . Selain itu mendorong agar MoU Dewan Pers dengan Polri bisa dipahami dan diterapkan oleh polisi di setiap tingkatan" ujar Aidil kepada Irjen Toni Harmanto.

Momen pertemuan AJI Padang dengan Kapolda Sumbar ini juga dilakukan pengikatan pita putih di lengan kiri jenderal bintang dua ini sebagai simbol menolak kekerasan terhadap jurnalis. Selain itu, juga diberikan tiga lembar poster kampanye advokasi AJI kepada Polda Sumbar bertuliskan 'Jangan Ada Kekerasan Di Antara Kita'.

baca juga: Besok, Mensos Tri Rismaharini Dikabarkan Kunjungi Korban Longsor di Solsel

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto juga menyampaikan dukungannya terhadap AJI dalam memperjuangkan kemerdekaan pers, profesionalisme, dan kesejahteraan jurnalis.

"Kita ikut menolak tindak kekerasan terhadap jurnalis, mudah-mudahan tidak terjadi di Sumbar . Beberapa jajaran di kepolisian, juga terutama di wilayah kerja Polda Sumbar telah menerapkan UU Pers jika ada kasus terkait wartawan, kita juga mendukung soal independen, memang ini sangat berat dilakukan tapi siapa lagi kalau bukan kawan jurnalis," ujar Toni Harmanto.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi