Pemko Solok Minta Orang Tua Awasi Penggunaan Handphone Pada Anak

Wakil Koordinator TSR II Kota Solok, Bujang Putra menyampaikan himbauan kepada masyarakat
Wakil Koordinator TSR II Kota Solok, Bujang Putra menyampaikan himbauan kepada masyarakat (Klikpositif)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sekolah dalam jaringan (Daring) sangat membantu pelaksanaan proses pembelajaran selama masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) melanda.

Namun disisi lain, sekolah secara Daring yang dilakukan melalui handphone pintar juga membawa dampak terhadap anak didik. Banyak yang memanfaatkan Handphone untuk mengakses hal-hal yang dilarang.

baca juga: Berbagi Berkah Ramadan, ACT Solok Gelar Food Van Ifthar

"Sudah ada ditemukan di kota Solok, dampak buruk penggunaan handphone pada anak didik," ungkap Wawako Solok melalui Kadis Perkop UMKM kota Solok, Bujang Putra saat safari Ramadan di masjid Al Ikhsan Tanjung Paku, Selasa (20/4/2021).

Untuk itu, katanya, selain pengawasan yang dilakukan pemerintah daerah melalui sekolah, juga sangat dibutuhkan peran serta orang tua untuk ikut mengawasi penggunaan Handphone pada anak.

baca juga: Gelar Musrenbang, Pemko Solok Susun RPJMD 2021-2026

Hingga saat ini, katanya, hanya tinggal pelajar tingkat SLTA yang masih melakukan pembelajaran secara daring, sementara pelajar tingkat SLTP sudah melakukan sekolah secara tatap muka.

"Mari kita lakukan pengawasan terhadap apa konten yang diakses atau ditonton oleh anak-anak kita, jangan sampai yang dilarang atau tidak sesuai dengannya mereka tonton," terangnya.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Pihaknya juga menghimbau kalangan orang tua untuk mengarahkan anak-anak untuk menjalankan ibadah puasa dan juga melaksanakan salat tarawih dan wirid yang dilakukan selama bulan Ramadan.

"Seperti apa anak-anak kita kedepan, tentu bergantung pada didikan dan pengawasan kita bersama, terutama saat mereka berada di lingkungan rumah," tutupnya.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Dalam safari Ramadan hari kedua tersebut, TSR kota Solok juga kembali menyerahkan bantuan biaya transportasi bagi mubalig senilai 3 juta rupiah dan 2 juta dari Bank Nagari.

Editor: Syafriadi