Nadiem Makarim Banyak Dikritik, Politisi PDIP Sebut Ada Pihak Incar Posisi Kemendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (net)

KLIKPOSITIF - Politisi PDIP Andreas Hugo Pareira menduga ada pihak yang menginginkanMendikbud Nadiem Makarim diganti. Pihak tersebut kata Anggota Komisi X Fraksi PDIP itu, sengaja mengkritik Nadiem di tengah isu reshuffle untuk melengserkan Nadiem dari jabatannya.

Adapun pihak tertentu yang dengan sengaja mengkritik kebijakan-kebijakan Nadiem, juga mengincar posisi Mendikbud. "Saya juga duga seprti itu," kata Andreas kepada wartawan, Rabu (21/4/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Cari 3 Korban Perahu Terbalik, Tim SAR 50 Kota Temukan Tas Hitam di Sungai

Menurut Andreas, tidak ada relevansi dan urgensi posisi Nadiem kemudian digantikan. Menurut dia, selama bermitra dengan Komisi X, Nadiem menunjukan kinerja baik.

"Selama dua tahun bermitra, Nadiem sebagai menteri menterjemahkan pembangunan SDM yang merupakan program pemerintahan Jokowi dengan Merdeka Belajar yang sedang on going, peningkatan status guru-guru honor menjadi PPK dan sekarang sedang dipersiapkan revisi UU Sisdiknas. Selama pandemi ini Nadiem pun responsif dan fleksibel dalam menjalankan program-program pendidikan," kata Andreas.

baca juga: Umar Patek Terima Remisi Lebaran: Alhamdulillah

Sebelumnya, Nadiem mengunggah foto pertemuannya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di akun Instagram @nadiemmakarim. Pertemuan itu berlangsung di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/4/2021).

Menurut Nadiem, pertemuannya dengan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu dalam rangka mendiskusikan strategi untuk mempercepat merdeka belajar dan profil Pelajar Pancasila. "Ngobrol dua jam sama bu Mega, diskusi strategi mempercepat merdeka belajar dan Profil Pelajar Pancasila," tulis Nadiem, Selasa (20/4/2021) malam.

baca juga: 3.448 Orang Positif Covid dan 99 Orang Meninggal di Hari Lebaran

Pertemuan Nadiem dengan Megawati berlangsung di tengah isu reshuffle kabinet. Dalam unggahannya, Nadiem mengaku banyak belajar dari pengalaman Presiden RI ke-5 itu. "Saya banyak belajar dari pengalaman beliau," ucap dia.

Isu reshuffle kabinet muncul usai DPR RI menyetujui usulan pemerintah untuk menggabungkan dan membentuk kementerian baru. Persetujuan tersebut diputuskan saat Sidang Paripurna DPR RI pekan lalu.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Editor: Ramadhani