PNP-UiTM Malaysia Teken MoU Student Exchange hingga Joint Research

tangkapan layar zoom acara MoU antara PNP dan UiTM yang dilaksanakan secara daring, Rabu (21/4/2021)
tangkapan layar zoom acara MoU antara PNP dan UiTM yang dilaksanakan secara daring, Rabu (21/4/2021) (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Politeknik Negeri Padang (PNP) terus meningkatkan kerjasamanya dengan perguruan tinggi di Malaysia . Kali ini, kerjasama dilakukan dengan Univesitas Teknologi Mara Cawang Kelantan (UiTM) Malaysia .

Kerjasama dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan melalui pertukaran akademik, budaya bidang pendidikan, hingga penelitian itu, ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilaksanakan secara daring, Rabu (21/4/2021).

baca juga: Perkuat Sinergi BUMN, Semen Padang-Krakatau Nasional Resources Jajaki Kerjasama

Dari PNP, penandatangan kerjasama itu dilakukan oleh Wakil Direktur I PNP, Revalin Herdianto mewakili Direktur PNP Surfa Yondri. Sedangkan dari UiTM Cawang Kelanten, diwakili langsung oleh Rektor UiTM, Profesor Madya Dr H Zulkifli Bin Muhammad.

"MoU ini dilakukan sebagai tindaklanjut kunjungan PNP ke kampus UiTM Cawang Kelantan pada Februari 2019 silam. Karena pandemi, makanya penandatanganan naskah MoU kami gelar secara daring," kata Revalin kepada wartawan usai MoU.

baca juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Malaysia Akan Lockdown Mulai 1 Juni

Revalin menyebut, di dalam MoU disebutkan bahwa PNP bersama UiTM akan melaksanakan program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, staf, dan program kursus maupun pelatihan, serta
staf development project, berupa kolaborasi staf kedua belah pihak dalam berbagai bentuk aktivitas, baik untuk menunjang akademik maupun non akademik nantinya.

Kemudian, juga akan dilaksanakan join research activity berupa penelitian, komunikasi dan publikasi bersama. Dan tentunya, sebut Revalin, join reserach activity ini tidak akan menimbulkan culture shock bagi pihak UiTM, karena Sumbar dan Malaysia mempunyai kemiripan budaya.

baca juga: Siapkan Prodi DII Fast Track, PNP Teken Kerjasama dengan Sejumlah Perusahaan

"Kita di Sumbar ini punya kemiripan budaya dengan Malaysia . Artinya, secara kultur jika kita datang ke sana ataupun mereka datang ke sini, tidak ada persoalan, baik makanan, tata cara pakaian adat istiadat," ujar Revalin.

Kemudian di samping itu, MoU dengan UiTM ini bagi PNP, juga untuk mendorong program doubel degree dan joint degree.
Contohnya, program studi akuntansi kuliah di PNP dua tahun, kemudian melanjutkan dua tahun di UiTM.

baca juga: Belum Tamat Kuliah, Mahasiswa Semester Akhir Politeknik Negeri Padang Faizura Zadri Dilirik Perusahaan Konsultan Komputer

"Dengan program double degree ini, mahasiswa akan mendapatkan dua ijazah, yaitu serjana terapan dari PNP dan S1 di UiTM. Dan tentunya, dengan program ini, pengakuan dari induatri penerima kerja juga akan semakin baik," ujarnya.

Kemudian program singkat dari non akademik seperti olahraga, kebudayaan dan seni, tambahnya, karena PNP ingin mengenalkan budaya minang dan keistimewaan daerah Sumbar.

"Melalui program itu, kami yakin Sumbar bisa menjadi agen wisata. Apalagi sebelum Covid-19, wisatawan dari Malaysia merupakan paling banyak berkunjung ke Sumbar. (*).

Editor: Riki