Ini Cara Puskesmas Andalas Tingkatkan Partisipasi Vaksinasi Corona

ilustrasi vaksin sinovac
ilustrasi vaksin sinovac (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Untuk memudahkan Lansia dalam melakukan vaksinasi, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Andalas memiliki beberapa program yang akan membantu para lansia agar bisa divaksin.

"Saat ini, upaya kami untuk memudahkan lansia dalam melakukan vaksinasi adalah dengan cara pendaftaran online," kata Kepala Puskesmas Andalas, Mela Aryati, Kamis 21 April 2021.

baca juga: Hari Ini 12 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Polsek Sungayang Gelar Vaksinasi

Ia mengatakan, pihaknya telah menyebar link pendaftaran vaksinasi online tersebut di grup whats app Kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Padang Timur.

"Untuk lansia yang ingin divaksin, bisa mendaftarkan diri melalui website kami di http://bit.ly/vaksinasiandalas," katanya.

baca juga: Banyak Remaja Penyintas Covid-19 di Sumbar, Ini Kata IDAI

Selain itu, pihaknya juga telah menyasar masjid-masjid untuk memberikan sosialisasi agar Lansia memahami fungsi vaksinasi dan mau untuk divaksin.

"Kami juga sudah meggandeng beberapa paguyuban dan organiasai agar lansia mau melakukan vaksinasi ini," lanjutnya.

baca juga: Jika Tidak Disetujui di Tahura, Ini Rencana Dinas Pertanian Kota Padang Untuk Bangun Peternakan Sapi Perah

Menurutnya, pihaknya telah merangkul organisasi seperti Lansia Peniunan TNI dan juga Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia tersebut.

Meskipun begitu, target vaksinasi terhadap lansia masih jauh dari kata tercapai. Dari target vaksinasi 6000 orang lansia, Puskesmas Andalas baru melakukan vaksinasi terhadap dua ratusan lansia saja.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Terkadang kami terkendala oleh anak dari lansia yang tidak memperbolehkan orang tuanya untuk divaksin," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri