Sampah TPA Air Dingin Bisa Dijadikan Bahan Bakar Pengolahan Semen Padang dan PLTU Teluk Sirih

Sampah di TPA Air Dingin
Sampah di TPA Air Dingin (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyampaikan, cukup banyak persoalan sampah di daerah. Mulai dari persoalan teknis, pembiayaan, peraturan, kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

"Banyak persoalan sebenarnya, rendahnya pelayanan, minimnya alokasi anggaran pengelolaan dan sumber pembiayaan di luar APBD, keterbatasan teknologi, sampah masih bercampur, SDM, lemahnya sanksi dan rendahnya partisipasi masyarakat," tuturnya saat membuka acara Rakor DLH se-Sumbar, Selasa, 20 April 2021.

baca juga: Lahan Bekas Tambang Disulap Menjadi Taman Ekowisata Berbasis Air

Untuk itu, kata Audy, perlu optimalisasi pengelolaan sampah berkelanjutan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan pendekatan sampah sebagai sumber energi alternatif.

Menurutnya, sampah di TPA Air Dingin bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar semen di PT. Semen Padang dan PLTU Teluk Sirih. Kebutuhan bahan bakar dari sampah untuk kedua perusahaan tersebut bisa terpenuhi karena timbunan sampah organik di TPA Air Dingin lebih kurang 600 ton perhari.

baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Konsumsi Madu dan Jaga Hutan

"Jaraknya dekat sekitar 15 kilometer, itu artinya sampah bisa menjadi sumber pendapatan. Tinggal menjalin kerja sama dengan dua perusahaan tersebut," ungkapnya.

Sedangkan sampah TPA regional Payakumbuh bisa dijadikan bahan bakar elpiji. Peluang besar bekerja sama dengan Pertamina. Lebih kurang 200 ton timbunan sampah perhari yang bisa dimanfaatkan.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Pembebasan Lahan Tol Padang Pariaman Segera Dituntaskan

"Pelaksana bisa dari DLH, Pupr dan Dinas ESDM," ujar Audy.

Direktur Pengelolaan Sampah , Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah , Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Novrizal Tahar mendukung langkah tersebut. KLHK siap memfasilitasi daerah dengan perusahaan - perusahaan yang bisa dijadikan mitra.

baca juga: Di Semen Padang Hospital Ternyata Tersedia WIFI Gratis yang Bisa Dinikmati Pengunjung

"Sebanyak 13 kota di Indonesia akan menerapkan pengolahan sampah menjadi energi listrik, kota di Sumbar belum masuk. Istalasi pertama di Surabaya, listriknya dibeli PLN. Kami siap memfasilitasi pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan pembangkit listrik," katanya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir