Kadin Sumbar Dukung Arsjad Rasjid Maju Jadi Ketua Kadin Indonesia

Calon Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid membaur dengan anak yatim di Padang
Calon Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid membaur dengan anak yatim di Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kamar Dagang dan Industri Sumatera Barat ( Kadin Sumbar ) memberikan dukungan kepada Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid yang maju sebagai calon Ketua Kadin Indonesia periode 2021--2026.

Dukungan tersebut dinyatakan oleh Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh saat Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan silatuahim dengan Calon Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di Hotel Pangeran Beach, Padang, Kamis, 22 April 2021.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

"Kami mendukung sepenuhnya Pak Arsjad Rasjid untuk menjadi Ketua Kadin Indonesia," tagasnya.

Menurut Ramal Saleh, Arsjad Rasjid punya semangat dan pandangan baru terhadap Kadin . Ditambah visi dan misi Arsjad Rasjid sejalan dengan Kadin Sumbar .

baca juga: Telkomsel dan Rumah Zakat Salurkan Bantuan APD hingga Sembako kepada Tenaga Kesehatan

"Beliau punya visi dan misi memperbaiki organisasi ini ke depan, bagaimana tidak ada lagi intervensi dari pusat, memberikan otonomi kepada Kadin di daerah serta menyelesaikan persoalan dualisme Kadin saat ini," ungkapnya.

Ramal Saleh ingin di tangan Arsjad Rasjid ada reformasi organisasi sehingga Kadin bisa berjalan dan berkolaborasi dengan pemerintah. Dia tidak ingin organisasi kadin keluar dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

baca juga: Gubernur Sumbar: Konsolidasi dan Persatuan Jadi Solusi untuk Hadapi Beban di Masa Pandemi

"Kami dibawah kepemimpinan beliau, Kadin memberikan kontribusi lebih. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini," tukasnya.

Pada kesempatan itu calon Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid memaparkan beberapa visi dan misinya sebagai calon ketua. Ada empat visi misi yang berkaitan langsung dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa ini.

baca juga: Hari Ini Seorang Warga Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar, Dinkes : Capaian Vaksinasi Baru 29 Persen

"Ada empat poin rencana besar saya, mulai dari kesehatan, ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan dan membangun potensi pengusaha serta memperbaiki internal Kadin ," ujarnya.

Presiden Direktur Indika Energy itu menganalogikan persoalan bangsa saat ini seperti perang. Peran kesehatan, perang ekonomi dan perang melawan pandemi Covid-19.

"Kita harus menang, kita harus sehat dengan kemenangan roda ekonomi akan jalan. Saya maju bagaimana pengusaha bekerja sama dengan pemerintah untuk memenangkan perang," katanya.

Menurutnya, semua sektor harus digerakkan, Kadin harus berkolaborasi dengan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian. Semua pelaku usaha dirangkul untuk bangkit dan memenangkan peperangan.

"Saya berniat membangun organisasi yang lebih inklusif dan kolaboratif. Kadin jangan ekslusif. Kadin Indonesia milik kita bersama, milik pengusaha mikro, kecil dan menengah, milik semua industri," sebutnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyambut baik kedatangan Arsjad Rasjid. Dia mengaku banyak kesamaan dengan Calon Ketua Umum Kadin Indonesia 2021- 2026 itu. Salah satunya membangun kolaborasi.

"Sebagai pemerintah daerah ini yang kami tunggu - tunggu, kolaborasi dengan Kadin . Pemerintah tidak bisa tanpa Kadin , ekonomi tidak akan bergerak tanpa Kadin . Kami siap bergandengan tangan dengan pak Arsjad," ungkapnya.

Mahyeldi juga menyampaikan, banyaknya Ketua Kadin dari berbagai provinsi di acara tersebut. "Aroma kemenangan sudah tercium, kenapa saya bilang begitu? Karena banyak saya dengan Ketua Kadin dari provinsi lain yang hadir," katanya sambil bercanda.

Silaturahmi tersebut mengajak anak yatim berbuka bersama. Pada kesempatan itu Arsjad bercengkrama dengan anak yatim sambil menanyakan cita - cita mereka. Pengusaha sukses yang pernah dikirim ayahnya sekolah ke Singapura pada usia 10 tahun tersebut memberikan semangat kepada perwakilan anak yatim untuk berusaha mencapai cita-cita.

Pada kesempatan itu Arsjad memberikan bantuan satu mobil operasional kepada Kadin Sumbar dan Handphone kepada Ketua Kadin Kabupaten dan Kota di Sumbar. Dia meminta mobil tersebut digunakan untuk kerja, kerja dan kerja, sedangkan handphone untuk saling berkoordinasi.

Editor: Joni Abdul Kasir