Satgas COVID-19 di Pariaman Kembali Dibentuk

Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad
Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pemko Pariaman Kembali Bentuk Tim Satgas COVID-19 lantaran meningkatnya kembali kasus COVID-19 di Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Kota Pariaman , Yota Balad mengatakan pada KLIKPOSITIF bahwa Satgas dibentuk berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembentukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan mengoptimalkan posko satgas penanganan COVID-19 di desa dan kelurahan.

baca juga: Pemko Pariaman Belajar Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah ke Walikota Medan

"Hal ini dibentuk sejak 20 April sampai tanggal 3 Mei 202. PPKM ini bisa diperpanjang hingga 14 hari ke depan atau sampai Hari Raya Idul Fitri dengan melakukan monitoring dan koordinasi dengan seluruh stakeholders terkait secara berkala," ungkap Yota Balad, Kamis, 22 April 2021.

Sementara itu, kata Yota lagi, untuk mekanisme koordinasi pengawasan evaluasi pelaksanaan PPKM mikro dilakukan dengan membentuk posko tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan dengan mengoptimalkan peran dan fungsi posko tersebut dalam pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan covid-19.

baca juga: Dua Pengedar Sabu di Pariaman Ditangkap Polisi di Salon

Ia berharap pihak Camat agar menginstruksikan kepada Kepala Desa dan Lurah untuk mengaktifkan kembali fungsi posko satgas COVID-19 di desa dan kelurahannya masing-masing.

"Posko untuk tes swab disediakan oleh dinas kesehatan, posko BPBD di lingkungan Balaikota Pariaman diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki tracking dengan kasus positif dan melakukan penindakan secara pestisi," sebut Sekdako.

baca juga: Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

Diketahui juga darinya, untuk sementara waktu karena instruksi Mendagri sangat mendesak, pemerintah belum bisa membayarkan honor untuk petugas yang berjaga.

Penulis: Rehasa | Editor: Khadijah