Menpar Sandiaga Uno Akui Keindahan Mandeh Tidak Kalah dari Raja Ampat

Menpar Sandiaga Uno saat di Pesisir Selatan
Menpar Sandiaga Uno saat di Pesisir Selatan (Dokumentasi Sandiaga Uno)

PAINAN, KLIKPOSITIF - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengakui keindahan objek wisata Mandeh tidak kalah dari Raja Ampat Papua.

Pengakuan itu disampaikannya saat mengunjungi Masjid Terapung Samudera Ilahi di Kawasan Pantai Carocok, Jum'at (23/4).

baca juga: Sumbar Targetkan Geopark Ranah Minang Jadi UNESCO Global Park Pada 2023

Menurut Sandi, keindahan alam Sumatera Barat terangkum lengkap di tanah Minangkabau ini. Adanya Kawasan Mandeh yang dikenal dengan Raja Ampat -nya Sumatera.

"Ini adalah pariwisata yang menurut saya paradise of the saf, Raja Ampat -nya Sumatera, jadi kalau kita lihat tidak kalah sama Raja Ampat ," jelasnya.

baca juga: Gubernur Dukung Optimalisasi Potensi Wisata Nagari

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan kunci dalam mengembangkan Kabupaten Pesisir Selatan adalah pariwisata yang berkualitas dan ramah lingkungan. Antara lain, pariwisata berbasis alam, berbasis wisata bahari, tetapi juga berbasis kebudayaan.

"Ada dua topik utama kita di Kabupaten Pesisir Selatan, pertama adalah bagaimana KEK yang sedang dirancang bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata," ungkapnya.

baca juga: Ditanya Sandiaga Uno Kenapa Dijuliku Lord, Ini Jawab Pak Adi MasterChef

Selain konsep pariwisata, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga swasta dalam waktu dekat.

Tujuannya untuk menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu ikon yang masuk ke dalam travel pattern bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

baca juga: Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Padang Perkuat Kolaborasi

"Bisa dilihat sendiri begitu indahnya, begitu tenangnya alam di pesisir selatan, khususnya di Pantai Carocok ini. Jadi kita akan sukseskan program KEK tadi tentunya untuk menghadirkan pariwisata berbasis nature dan culture," lanjutnya.

Menparekraf berharap dalam membangun pariwisata perlu dukungan-dukungan dari segi amenitas (fasilitas pendukung) dan aksesibilitas (pencapaian). Jadi perlu pemetaan dan beberapa usulan.

"Dengan dibangunnya kembali program tourist information center, home stay yang kita akan bangun di desa wisata," papar Sandiaga Uno .

Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau -- pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Dari Puncak Mandeh , pengunjung bisa melihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak dan gradasi warna air lautnya yang menambah keindahan Kawasan Mandeh ini. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir