Pj Sekdaprov Sumbar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Pj Sekdaprov Sumbar Benny Warlis saat safari Ramadan di Masjid Nurul Ihsan, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Minggu malam (25/4).
Pj Sekdaprov Sumbar Benny Warlis saat safari Ramadan di Masjid Nurul Ihsan, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Minggu malam (25/4). (Istimewa)

PADANG PANJANG, KLIKPOSITIF - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Pj Sekdaprov Sumbar) Benny Warlis mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Ajakan itu disampaikannya saat safari Ramadan Masjid Nurul Ihsan, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Minggu malam (25/4).

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Dalam kunjungannya bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi, Benny didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang Panjang, Iriansyah Tanjung dan sejumlah pejabat Pemko.

"Kita telah dibolehkan melaksanakan Salat Tarawih akan tetapi protokol kesehatan jangan dilupakan," katanya.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Pada kesempatan itu, dia mengimbau perantau untuk tidak mudik dahulu, hal itu untuk menghindari penyebaran Covid-19. Apalagi kecenderungan kasus positif terus meningkat di provinsi tersebut.

"Mari kita imbau dunsanak di rantau, pulang kampungnya hari raya tahun ini ditunda dulu," ujarnya.

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

Benny Warlis menyerahkan bantuan sebesar Rp. 20 juta dan mengajak jamaah mewaspadai penyebaran Covid-19, pasca lonjakan kasus belakang ini.

"Dengan kecenderungan peningkatan kasus Covid-19 dimana terdapat satu orang terkonfirmasi positif dari lima orang yang diswab. Artinya positifity rate mencapai 20 persen. Hari ini di Kota Padang Panjang 9 terkonfirmasi positif. Ini perlu kita waspadai," sebutnya.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Rp88,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Ini Rincian Kegunaannya

Di samping itu, Benny mengimbau menjaga ketertiban keamanan di tengah masyarakat serta memahami hakikat puasa. "Puasa adalah jihad mengendalikan diri. Tujuannya perbaikan diri. Mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujarnya.

Dikatakannya, harus ada keyakinan bahwa yang terjadi dari Allah kembali kepada Allah. Kalau seseorang itu ikhlas, tidak ada kegamangan dalam diri. "Contohnya, ketika dikabarkan Covid, tidak lagi stres. Terima dengan ikhlas, serahkan kepada Allah," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Masjid Nurul Ihsan, Suratman Koto didampingi Sekretaris, Fahmi menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan TSR Provinsi Sumbar.

"Alhamdulillah dari sekian masjid di Kampung Manggis, Masjid Nurul Ihsan menjadi tujuan tim. Kami jamaah dan pengurus menyampaikan terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan Provinsi ke Masjid yang cukup tua di Kampung Manggis ini," ucapnya.

Suratman berharap silaturahmi dengan TSR Kota maupun provinsi terus terjalin untuk kemajuan bersama dan memotivasi masyarakat beribadah ke Masjid.

"Kecenderungan masyarakat menurun ke masjid. Mudah-mudahan Ini menjadi motivasi memakmurkan masjd," pungkasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir